Mantan Staf Ahok Bilang Naturalisasi Waduk Mandek, Kadis SDA: Desember Lihat Hasilnya

Jakarta  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 16:35:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Mantan Staf Ahok Bilang Naturalisasi Waduk Mandek, Kadis SDA: Desember Lihat Hasilnya

Waduk Kampung Rambutan/Ist

Anggota DPRD DKI Jakarta asal Fraksi PDI Perjuangan Ima Mahdiah mempersoalkan kinerja Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang belum memuaskan. Terutama dalam hal penanganan banjir.

Ima mengatakan, Anies belum ada gebrakan untuk urusan naturalisasi sungai. Sedangkan itu sangat mendesak, karena sudah akan memasuki musim penghujan.

"Sudah dua tahun kita pantau tak ada naturalisasi, tapi malah buat Formula E, terus bikin jalanan sepeda. Karena kita di sini harus perhatikan masyarakat, permasalahan yang paling fundamental," ungkap mantan staf Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ini, Selasa (15/10).

Kepala Dinas Sumber Alam (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menanggapi santai kritikan wakil rakyat debutan tersebut.

"Biasa saja, nanti kita sama-sama lihat hasil pembangunannya Desember," kata Juaini saat dihubungi, Selasa (15/10).

Juaini juga menawarkan politisi PDIP itu untuk menengok langsung beberapa lokasi proyek waduk yang berkonsep naturalisasi.

"Nanti kita antar ke lokasinya. Nanti juga kita kasih lihat desain naturalisasi seperti apa," ungkap Juaini.

Juaini sendiri menargetkan tiga waduk dengan konsep naturalisasi di ibukota selesai akhir 2019.

"Kita harapkan tiga waduk selesai. Kalau memang enggak ada halangan. Target kita kan Desember selesai biar kelihatan Dinas SDA ada hasilnya," ujar Juaini.

Adapun tiga waduk yang ditargetkan rampung dikerjakan, menurut Juaini, adalah waduk di kawasan Sunter, Kampung Rambutan dan Cimanggis. Tak hanya waduk, ada juga sungai yang ditargetkan rampung proses naturalisasinya.

Diketahui, naturalisasi waduk ialah proses pembuatan kembali tempat penampungan air menjadi alami.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya tak ingin lagi melakukan betonisasi (sheet pile) di sekitaran sungai, waduk, maupun kali.

Anies yakin bahwa naturalisasi bisa mencegah banjir di ibukota. Selain itu pada waktu yang berbeda naturalisasi waduk ini juga diharapkan bisa mengatasi kekeringan di Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca