Bus Transjakarta Zhongtong Mengaspal Lagi, Ini Alasan Anies

Jakarta  RABU, 16 OKTOBER 2019 , 16:48:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Bus Transjakarta Zhongtong Mengaspal Lagi, Ini Alasan Anies

Bus Transjakarta merek Zhongtong/Net

Bus Transjakarta asal China dengan merek Zhongtong kembali mengaspal di jalanan ibukota sejak Jumat (11/10) lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pengoperasian bus Transjakarta merek Zhongtong karena adanya lonjakan penumpang.

"Tahun 2017 jumlah penumpang sistem transportasi darat kita itu 300.000 penumpang per hari, didapat setelah berjalan 13 tahun," kata Anies dalam diskusi publik bertajuk 'Evaluasi Kepemimpinan Anies Baswedan' di Paloma Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/10).

Kemudian dalam kurun waktu dua tahun Anies menjabat, terjadi peningkatan pengguna moda transportasi umum, yakni bertambah dua kali lipat menjadi 640.000. "Artinya itu sebuah lompatan yang cukup signifikan," ujar Anies.

Dengan begitu, kehadiran bus Transjakarta Zhongtong dapat membantu mengangkut warga yang menggunakan moda angkutan massal tersebut.

Untuk diketahui, bus Zhongtong sempat diberhentikan pengoperasiannya di era Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok karena mengalami sejumlah permasalahan.

Bus tersebut kerap terbakar sehingga dipersoalkan dari segi keamanan. Selain itu, bus Zhongtong juga pernah terkait praktik korupsi.[dod]

Komentar Pembaca