Kadishub Sebut Transjakarta Zhongtong Layak Mengaspal

Jakarta  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 16:32:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kadishub Sebut Transjakarta Zhongtong Layak Mengaspal

Syafrin Liputo/RMOL

Kembali mengaspalnya bus Transjakarta asal China bermerek Zhongtong di jalanan ibukota dinilai sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Kamis (17/10).

"Setiap kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan itu wajib memenuhi ketentuan administrasi dan teknis, sebagaimana yang ditetapkan dalam UU 22/2009 tentang LLAJ," kata Syafrin.

Dengan begitu, artinya bahwa kendaraan tersebut sudah mendapatkan uji tipe yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan.

"Nah artinya sudah memenuhi persyaratan dari aspek teknis. Setelah itu ada STNK-nya, administrasinya dipenuhi. Makanya dia bisa beroperasi, begitu," terang Syafrin.

Bus Zhongtong sempat diberhentikan operasinya di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lantaran mengalami sejumlah permasalahan. Bus tersebut kerap terbakar sehingga dipersoalkan dari segi keamanan.

Terkait hal tersebut Syafrin menjelaskan, saat ini telah tersedia bentuk pola pengadaan. Bus ini diawasi dan dipertanggungjawabkan oleh pihak operator yang memiliki kontrak dengan Transjakarta, yakni Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD).

"Mereka tentu dalam klausul kontrak ada standar pelayanan minimum yang harus dipenuhi," ujar Syafrin.

"Jika yang bersangkutan ternyata tidak bisa memenuhi standar pelayanan minimum, tentu resiko sepenuhnya ada di operator yang mengadakan bus," tutup Syafrin.[dod]

Komentar Pembaca