Allianz Luncurkan Asuransi Murah dengan Pembayaran Premi Melalui Sampah

Ekonomi  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 20:17:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Allianz Luncurkan Asuransi Murah dengan Pembayaran Premi Melalui Sampah

Peluncuran asuransi Allianz dengan premi murah/ist

Masyarakat Indonesia, khususnya yang berasal dari kelompok emerging consumers masih belum menjadikan asuransi sebagai kebutuhan yang penting, padahal risiko bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja.

Di sisi lain, masyarakat Indonesia dihadapkan pada kenyataan bahwa sekitar 65 juta ton sampah yang dihasilkan di Indonesia  setiap harinya. Dari jumlah tersebu, hanya 7 persen yang didaur ulang, sisanya 69 persen lagi berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA).

"Padahal sampah yang dihasilkan tersebut bisa memberikan nilai ekonomis untuk kita, jika dipilah dan dikelola dengan benar," kata Joos Louwerier, Country Manager dan Direktur Utama Allianz Life Indonesia, Kamis (17/10).

Mendapati kondisi tersebutlah Allianz Indonesia kemudian berinisiatif melakukan perluasan segmen pemasaran untuk tiga produk asuransinya meliputi produk asuransi jiwa mikro, produk asuransi kecelakaan diri, dan produk asuransi jiwa berjangka kumpulan. Mereka  menyasar kepada masyarakat kelompok emerging consumers melalui Program "Tukar Sampahmu, Lindungi Dirimu" dan Program "Allianz Uang Duka".

"Kami percaya kedua program ini bisa membantu masyarakat kelompok emerging consumers untuk memperoleh akses perlindungan asuransi dengan cara yang sangat mudah dan harga yang terjangkau," ungkap Joos Louwerier.

Melalui program tersebut, Allianz Indonesia melakukan perluasan akses perlindungan asuransi jiwa mikro Sekoci dan perlindungan asuransi kecelakaan diri kepada masyarakat yang menjadi nasabah bank sampah. Program ini memungkinkan masyarakat mendapatkan perlindungan asuransi dengan cara menukarkan saldo tabungan di bank sampah.

"Sedangkan Program 'Allianz Uang Duka' merupakan pemberian santunan kematian melalui produk asuransi jiwa kumpulan Allianz. Program ini dapat diakses oleh masyarakat warga Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan tingkat kelurahan," kata Bianto Surodjo, Chief Partnership Distribution Officer Allianz Indonesia.  

Melalui program tersebut, nasabah hanya membayar premi besar Rp 4.500 perbulan jika mendaftar secara off line dengan klaim 5 juta untuk kematian karena kecelakaan dan penggantian biaya medis hingga Rp 500 ribu.

Sedangkan jika nasabah mendaftar secara online melalui aplikasi digital MySmash, mereka cukup membayar premi sebesar Rp 5.000 pertiga bulan dengan pertanggungan mendapat santunan Rp 1 juta jika nasabah meninggal dunia tanpa musibah kecelakaan dan Rp 5 juta jika meninggal karena kecelakaan. [rah]

Komentar Pembaca