Dishub Bolehkan Bus Zhongtong Mengaspal

Jakarta  SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 11:16:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Dishub Bolehkan Bus Zhongtong Mengaspal

Bus Transjakarta merek Zhongtong/Net

Publik ramai-ramai menyoroti bus Transjakarta asal China merek Zhongtong yang kembali mengaspal di jalanan ibukota.

Pasalnya bus ini sempat diberhentikan pengoperasiannya di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok karena mengalami sejumlah permasalahan.

Mulai dari bus yang kerap terbakar sehingga dipersoalkan dari segi keamanannya dan juga bus Zhongtong juga pernah bermasalah terkait praktik korupsi.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengimbau agar warga tak perlu ragu naik bus Zhongtong karena dipastikan aman.

"Enggak perlu ragu, karena memang itu sudah memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan kendaraan bermotor," ungkap Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (18/10).

Syafrin menjelaskan, bus Zhongtong layak beroperasi karena sudah lolos uji tipe. Kelengkapan administrasi dari bus ini pun juga sudah dipastikan, bahkan sudah dapat sertifikasi uji tipe dari Kementerian Perhubungan.

"Secara teknis layak jalan. Karena yang bersangkutan sudah mendapatkan uji tipe. Sesi uji tipe itu elemen operasional bus itu diuji. Bahkan ada uji crash ya, ditabrak dan seterusnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, total ada sekitar 59 bus Zhongtong di Jakarta. Namun, yang saat ini baru beroperasi baru 21 bus.[dod]

Komentar Pembaca