Jokowi Akan Merindukan Sosok JK Yang Luar Biasa

Nasional  SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Jokowi Akan Merindukan Sosok JK Yang Luar Biasa

Jusuf Kalla/Net

Jusuf Kalla (JK) mengaku lega usai menuntaskan tanggungjawab dan melepas jabatannya sebagai Wakil Presiden RI periode 2014-2019.

Hal itu disampaikannya saat tiba di kediaman pribadinya di Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan setelah mengikuti rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Minggu (20/10) di Gedung Parlemen.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai JK merupakan sosok yang luar biasa.

"Beliau sangat sentral di pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terutama untuk urusan luar negeri dan beberapa hal yang kaitannya dengan ekonomi," ujar Pria yang akrab disapa Hensat ini saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (21/10).

Founder lembaga survey Kedai Kopi ini turut mengatakan, JK merupakan sosok pemimpin yang tak lekang oleh waktu. Sejak zaman Soeharto, SBY hingga zaman Jokowi saat ini.

"Saya rasa pak Jokowi akan merindukan sosok seorang JK. Luar biasa," pungkasnya.

Sementara itu, JK menyatakan usai dirinya purna tugas dari Wakil Presiden mengaku akan fokus mengabdikan diri pada bidang sosial, pendidikan, dan keagamaan.

Ah, bebas. Jadi plong. Kita tidak lagi terikat dengan protokoler, namun tentu juga kita tetap harus melihat apa yang perlu kita sumbangkan ke pemerintah," ujar JK di kediamannya.[dod]

Komentar Pembaca