Masuk Kabinet Jokowi, Prabowo Kemungkinan Tak Lagi Nyapres

Politik  SENIN, 21 OKTOBER 2019 , 21:16:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Masuk Kabinet Jokowi, Prabowo Kemungkinan Tak Lagi Nyapres

Jokowi-Prabowo/Ist

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menghadiri undangan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10).

Prabowo datang bersama dengan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo dengan mengenakan kemeja putih.

Mantan rival Jokowi saat Pemilu kemarin ini mengaku diajak untuk memperkuat Kabinet Kerja Jilid II dan kemungkinan akan menempati posisi strategis sebagai Menteri Pertahanan.

Direktur Eksekutif Fixpoll Indonesia Anas RA mengatakan, hal tersebut bisa saja terjadi karena latar belakang Prabowo adalah purnawirawan TNI yang sangat paham perihal pertahanan negara.

"Bahkan Prabowo sempat marah dan menegur peserta dalam debat pilpres lalu, ketika membahas masalah pertahanan negara, karena dibenak Prabowo ada yang salah dalam pengelolaan pertanahan negara," ujar Anas kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (21/10).

Prabowo sendiri telah mengikuti kompetisi Pilpres sebanyak tiga kali dan mengalami kegagalan. Bersedianya Prabowo menjadi menteri kali ini, membuat Prabowo kemungkinan tak lagi nyapres di Pilpres 2024.

"Kehadiran Gerindra di koalisi pemerintahan, saya yakin partai pendukung Jokowi-Maruf setengah hati menerimanya, sebab ini akan mempengaruhi dua hal," jelas Anas.

"Pertama mempengaruhi jumlah jatah menteri, kedua hadir ketidaknyamanan dalam kaoalisi pemerintah. Meskipun Prabowo telah melakukan safari politik partai koalisi Jokowi-Maruf," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca