Kampung Zakat di Aceh Singkil Diluncurkan

Nusantara  MINGGU, 27 OKTOBER 2019 , 10:05:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Kampung Zakat di Aceh Singkil Diluncurkan

Peluncuran Rumah Zakat/Ist

Baznas bersinergi dengan Kementerian Agama dan sejumlah Lembaga Amil Zakat (LAZ), meluncurkan Kampung Zakat di Desa Situbuh-tubuh, Kecamatan Danau Paris, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Sabtu (26/10).

"Ini merupakan Kampung Zakat ke-14 setelah sebelumnya kita launching Kampung Zakat ke-13 di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara," ujar Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag, Tarmizi Tohor, dalam pidato peresmian yang ditandai dengan pembukaan layar papan reklame Kampung Zakat Desa Situbuh-tubuh.

Simbolis peluncuran dilakukan bersama Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid; Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Fuad Nasar; perwakilan Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh dan Kabupaten Aceh Singkil; PIC Kampung Zakat BAZNAS, Herlina; dan pengurus Baitul Mal Aceh (BMA) dan Kabupaten Aceh Singkil.

Menurut Tarmizi, penunjukan 14 titik wilayah yang menjadi pilot project Kampung Zakat merujuk pada SK Dirjen Bimas Islam Nomor 298 Tahun 2018.

"Targetnya tiga tahun ke depan kita akan memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dakwah dan sosial kemanusiaan," kata dia.

Sementara itu, Fuad Nasar menjelaskan, Desa Situbuh-tubuh adalah Kampung Zakat ke-14 yang diluncurkan sejak tahun lalu. "Program ini dimulai 2018 di tujuh titik di Tanah Air. Tahun 2019 kembali direalisasikan tujuh titik berikutnya," ucap dia.

Kabupaten Aceh Singkil merupakan salah satu dari tujuh kabupaten di Indonesia yang mendapat amanah menjalankan pilot project Program Kampung Zakat. "Jadi untuk tahun 2019, ini adalah Kampung Zakat yang terakhir," ujar dia.

Fuad menambahkan, 6 daerah lain yang menjadi pilot project Kampung Zakat Tahun 2019 yaitu Kota Bekasi (Jawa Barat), Nabire (Papua), Pulau Buru (Maluku), Indragiri Hilir (Riau), Bulukumba (Sulsel) dan Nunukan (Kalimantan Utara).[dod]

Komentar Pembaca