Hari Sumpah Pemuda Jadi Momentum Kebangkitan Pemuda Era Milenial

Nasional  SENIN, 28 OKTOBER 2019 , 21:40:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Hari Sumpah Pemuda Jadi Momentum Kebangkitan Pemuda Era Milenial

Berto Izaak Doko/Ist

Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, dimana berkumpulnya sejumlah organisasi kepemudaan dari bumi Nusantara untuk mengikrarkan diri dalam satu bangsa Indonesia, menjadi cikal bakal kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Hal ini merupakan fakta sejarah yang memperlihatkan betapa strategisnya peran pemuda sebagai pelopor perjuangan kemerdekaan.

Demikian disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Panca Marga (PPM) Berto Izaak Doko di Jakarta, Senin (28/10).

Berto mengatakan, kiprah pemuda era milineal juga sangat strategis dan turut menentukan arah pembangunan bangsa dan negara.

"Sekarang ini keberadaan pemuda tentunya sangat strategis untuk membawa bangsa ini maju dan unggul dalam persaingan global," kata Berto.

Menurut Berto, mau tidak mau, suka atau tidak suka, pemuda harus berada di garda terdepan untuk membawa negeri ini maju, modern dan bermartabat di dalam negeri, maupun dunia internasional.

"Karena itu tidak ada jalan lain, pemuda harus menempa diri sebagai pribadi unggul, memiliki kompetensi, menguasai teknologi dan berkarakter Pancasila serta berwawasan global," ungkap Berto.

Selain itu, pemuda diharapkan dapat menjadi generasi yang dinamis dan kreatif, berwatak kesatria serta bertekad memajukan kehidupan bangsa di segala bidang.

"PPM sebagai salah satu organisasi kaderisasi pemuda, tentunya harus bersiap diri mencetak pribadi unggul untuk memenuhi pengabdian kepada negara. Ini salah satu program prioritas PPM," ujar Berto.

Lebih lanjut Berto mengatakan, bahwa seiring dengan visi dan misi Kabinet Indonesia Maju, yakni pemberdayaan sumber daya manusia yang unggul, maka PPM bersama komponen organisasi pemuda lainnya, tidak bisa tinggal diam dan berangan-angan punya negara maju.

"Ambisi ini tentunya hanya dapat diwujudkan dengan kerja bersama, kerja cerdas dan ikhlas," pungkas Berto.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00