Teknologi Pengolahan Ikan Indonesia Tak Kalah Dengan Negara Tetangga

Ragam  SELASA, 29 OKTOBER 2019 , 10:26:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Teknologi Pengolahan Ikan Indonesia Tak Kalah Dengan Negara Tetangga

Edhy Prabowo/Ist

Indonesia memiliki banyak Unit Pengolahan Ikan (UPI) yang tak kalah bagus dari Cina, Korea, maupun Vietnam. Teknologi yang dimiliki pun tak kalah canggih.

Demikian yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo saat meninjau ke perusahaan perikanan PT Karya Mandiri Citramina (KCM) di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudra (PPS) Nizam Zachman, Senin (29/10).

Selain itu, Menteri Edhy juga meninjau aktivitas pelayanan terpadu, menara pengawas pelabuhan perikanan, pasar ikan terintegrasi (PIT) dan menutup kunjungan tersebut dengan berdialog bersama sekitar 50 pengusaha perikanan.

Menurut Edhy, kemampuan sumber daya manusia Kita atau dalam hal ini Nelayan tak kalah mumpuni. Sehingga ia menilai sebetulnya Indonesia sudah tak perlu studi banding ke pusat perikanan negara lainnya.

Saya yakin di sini semua mengerti bagaimana memproduksi produk perikanan dengan baik. Kami akan dorong dengan aturan-aturan yang memudahkan," ujar Edhy.

"Tapi kami mau jawaban dari bapak-bapak jangan bohongin kami, jangan bikin seolah-olah kami enggak ngerti apa-apa,” tegasnya.

Hal ini disampaikan Edhy terkait kepatuhan para pengusaha melaporkan hasil tangkapan dengan benar dan membayar pajak dengan taat.

"Saya yakin, teknologi yang kita butuhkan bukan teknologi yang luar biasa dan yang rakyat kita butuhkan bukan dana yang luar biasa karena potensinya sudah ada di tanah air kita. Tinggal bagaimana kita menyelamatkan potensi ini menjadi keuntungan yang bermanfaat bagi semua masyarakat,” pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca