Macet Jakarta, Riano Minta Daerah Penyangga Ikut Tanggung Jawab

Jakarta  RABU, 06 NOVEMBER 2019 , 14:34:00 WIB | LAPORAN: RMOL NETWORK

Macet Jakarta, Riano Minta Daerah Penyangga Ikut Tanggung Jawab

Riano P Ahmad/Ist

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Riano P Ahmad menegaskan, daerah-daerah penyangga harus ikut bertanggung jawab terhadap masalah kemacetan di Ibukota.

"Upaya mengatasi kemacetan bukan cuma tugas Pemda atau Pemprov DKI Jakarta,” kata Riano di ruang Fraksi PAN, Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (6/11).

Pasalnya, lanjut Riano, penduduk DKI di malam hari hanyalah sekitar 7 juta jiwa, sementara pada siang harinya mencapai 10 jutaan jiwa.

"Artinya, yang beraktivitas di siang hari itu berasal dari daerah-daerah di sekitar Jakarta. Jadi, seharusnya, Pemda dari daerah-daerah penyangga itu, beserta stakeholder lainnya, bekerjasama dengan Pemprov DKI untuk ikut mengatasi persoalan kemacetan Ibukota,” papar Riano.

Bentuk kerjasama itu, menurut Riano, bisa diterapkan pada banyak hal. Antara lain, penerapan pajak progresif, juga kebijakan lalulintas ganjil-genap.

Efek dari kebijakan ganjil-genap itu bisa sedikit mengurangi polusi dan kemacetan,” ujar Riano.

Bagi Riano, ini adalah periode keduanya mencangking amanah sebagai wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta.

Pada periode sebelumnya, ia berada di dalam gerbong Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan menjadi Ketua Komisi A yang antara lain mengurusi masalah pemerintahan.

Ia mengisahkan salah satu terobosannya sewaktu menjabat sebagai Ketua Komisi A, antara lain dua kali kenaikan anggaran operasional RT dan RW, peningkatan honor LMK, FKDM, Dewan Kota (Dekot), serta standar kesejahteraan PPSU.

Alhamdulilah, sekarang saya ada di Komisi D, membidangi infrastruktur. Saat ini, program prioritas di awal kerja, kami fokus perluasan trotoar untuk pejalan kaki dan disabilitas,” terang Riano.

Masalah pintu air dan pompa air pun menjadi fokus Riano saat ini. Ia mengaku rutin melakukan pengecekan, terutama mengahadapi datangnya musim penghujan.

"Jangan sampai alat-alat itu tidak berfungsi maksimal di musim penghujan ini,” ucap Riano.

Menanggapi jumlah anggota DPRD yang kini nyaris didominasi kaum milenial, Riano menunjukkan kelegaannya.

Ya, ini membuktikan bahwa saat ini anak muda pun sudah melek akan dunia politik dan peduli terhadap berbagai polemik yang terjadi di negeri kita,” lanjut Riano.

Fenomena itu pun, menurut pandangan Riano, memperlihatkan adanya grafik peningkatan kesadaran kaum muda terhadap masa depan negaranya.

Mereka sudah sangat peduli tentang apa itu tatanan negara, sehingga akhirnya mereka ikut nimbrung di kancah perpolitikan,” pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca