Ustadz Tengku: Trotoar Di Jakarta Mirip Singapura, Siapakah Gubernurnya?

Jakarta  KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 16:02:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Ustadz Tengku: Trotoar Di Jakarta Mirip Singapura, Siapakah Gubernurnya?

Penataan trotoar di Jakarta /Ist

Konsep penataan trotoar yang digagas memperoleh pujian warganet. Salah satunya disampaikan oleh Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustadz Tengku Zulkarnain.

Ustadz Tengku menilai, tiga tahun trotoar yang cantik dan ramah pejalan kaki hanya bisa dinikmati di Singapura, Jepang dan negara-negara Eropa lainnya.

"3 Tahun yang Lalu Pemandangan seperti Ini Hanya Ada di Singapore, Jepang, dan Negara Negara Eropa. Alhamdulillah, sekarang Pemandangan Ini Ada di DKI Jakarta. Serasa Mimpi, tapi Nyata... Siapakah Gubernurnya...?," tulis akun Twitter @ustadtengkuzul yang dikutip, Kamis (7/11).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 km selama dua tahun menjabat. Pembangunan itu disebut akan memanjakan pejalan kaki.

"Dalam hal penataan trotoar, selama dua tahun berjalan Pemprov DKI Jakarta sudah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilometer," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta.

Anies berencana menambah panjang revitalisasi pada 2020. "Angka ini akan bertambah karena di tahun 2020, Pemprov sudah menargetkan penambahan revitalisasi trotoar sepanjang 47 kilometer," kata Anies.

Anies menyebut trotoar yang diciptakan dilengkapi beberapa fasilitas sehingga ramah bagi semua kalangan, termasuk disabilitas.

"Penataan trotoar juga akan dilengkapi berbagai fasilitas, yakni bidang miring dan ubin pemandu, lift untuk ibu hamil, lansia, dan penyandang disabilitas, fasilitas keamanan berupa CCTV dan Satpol PP, hingga pelican crossing," kata Anies.

Trotoar pun menjadi salah satu bagian dari kebijakan integrasi transportasi sehingga memudahkan masyarakat berpindah dari satu moda transportasi ke moda lainnya.

"Trotoar ini juga terintegrasi dengan bus TransJakarta, MRT, serta LRT. Sementara itu, koridor Sudirman-Thamrin sudah dilengkapi way finding," tutup Anies.[dod]

Komentar Pembaca