Banyak Kepala Daerah Potensial Hadiri Kongres Nasdem, Pengamat: Mirip Beauty Contest

Politik  JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 18:28:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Banyak Kepala Daerah Potensial Hadiri Kongres Nasdem, Pengamat: Mirip Beauty Contest

Adi Prayitno/Net

Sejumlah tokoh akan menghadiri Kongres Partai Nasdem yang digelar Jumat sore (8/11) di Hall B3 & C3 JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Adi Prayitno mengatakan, apabila dilihat kecenderungannya, Nasdem mengundang kepala daerah yang memiliki prestasi atau succes story.

"Artinya Nasdem ini ingin membuka pintu komunikasi. Ingin membuat komunikasinya itu ke berbagai arah bukan hanya dengan kawan koalisi pemerintahan," kata Adi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (8/11).

"Meskipun tidak bisa dipungkiri Nasdem ingin memberikan panggung kepada kepala daerah yang punya potensi untuk lima tahun kedepan," sambungnya.

Salah satu nama yang paling menyedot perhatian adalah diundangnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bukan tanpa alasan, hal itu dikarenakan sebelumnya Surya Paloh pernah menjamu Anies dalam salah manuvernya.

Adi melihat kehadiran tokoh atau kepala daerah di Kongres Nasdem ini semacam uji materi terhadap sejumlah nama yang jadi media darling atau buah bibir.

Bahkan Adi menyebut Surya Paloh seperti sedang menggelar beauty contest.

"Pak Paloh ini canggih. Sedang menimang-nimang kepala daerah sebagai calon pemimpin masa depan," imbuhnya.

Kendati demikian, Surya Paloh tampaknya tidak sembarang mengundang orang. Dia hanya mengundang kepala daerah pilihan.

"Pak Paloh ini hebat. Mau buka komunikasi ke berbagai arah. Pak Paloh ingin membuat jangkar-jangkar politik diberbagai kanal," jelasnya.

"Semua mata tertuju kepada Nasdem. Makanya yang diundang itu kepala daerah terpilih ya. Yang belum punya afiliasi partai politik. Anies Baswedan kan belum ketebak ini," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca