Pasang Saringan Sampah Mirip Di Australia, DKI Anggarkan Rp 197 Miliar

Jakarta  SENIN, 11 NOVEMBER 2019 , 13:52:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pasang Saringan Sampah Mirip Di Australia, DKI Anggarkan Rp 197 Miliar

Andono Warih/RMOL

Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyetujui usulan program Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta yang akan memasang saringan sampah di hulu Ciliwung.

Hal ini dilakukan karena ketika hujan turun mengguyur Ibukota, hanya dalam hitungan sekian jam, Pintu Air Manggarai langsung dipenuhi sampah.

"Harian itu hanya dua truk paling banyak, tapi ketika hujan turun hanya 4 jam, di hulu sudah siaga 3 atau 2. Di hilir kita butuh ratusan truk mengangkat sampah-sampah itu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih saat ditemui sesuai melakukan rapat dengan Komisi D DPRD DKI, Senin (11/11).

Andono menyampaikan, masalah penumpukan sampah kala hujan ini, tentu saja tidak bisa dibiarkan dan harus segera diselesaikan.

"Tentu secara desain, detilnya itu kita dibantu ITB. Mencegah sampah sampai ke hilir ya.Tentu ini sudah mempertimbangkan kriteria desain yang advance, tetapi sudah juga diadaptasi ke komisi lokal kita," kata Andono.

Pemasangan saringan sampah ini dianggarkan Dinas LH senilai Rp 197 miliar. Desain yang digunakan, kata Andono, mirip-mirip seperti yang ada di Australia.

"Jadi kalau di Australia, barangkali dengan aspek hidrologi yang sesuai dengan kondisi disan. Ini butuh adjustment dan adaptasi dengan kondisi lokal di kita," pungkas Andono.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00