Tingkatkan Sektor Perikanan Lewat Iptek, Menteri KKP Gandeng IPB

Nasional  SELASA, 12 NOVEMBER 2019 , 21:59:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Tingkatkan Sektor Perikanan Lewat Iptek, Menteri KKP Gandeng IPB

Menteri KKP Edhy Prabowo dan Rektor IPB Arif Satria/Ist

Menyadari peran pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) , Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo bertemu dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Senin (11/11).

Pertemuan tersebut bertujuan sharing knowledge dari akademisi terkait keilmuan dan inovasi teknologi yang dibutuhkan dalam pengembangan sektor kelautan dan perikanan.

Dalam kesempatan tersebut, Arif memperkenalkan beberapa inovasi teknologi yang dapat dimanfaatkan di sektor kelautan dan perikanan.

Inovasi teknologi tersebut di antaranya drone permukaan laut, smart coastal management, alat pelacak kapal perikanan (TrekFish), pemantau ekosistem terumbu karang (underwater televisual system/UTS), sistem peringatan dini untuk masyarakat pesisir/nelayan terkait cuaca.

Selain itu, ada aIat untuk mengidentifikasi spesies dan kesehatan terumbu karang, atraktor cumi-cumi, rumpon portable, pertanian laut dan peternakan laut (sea farming and sea ranching), akuakultur cerdas dalam produksi belut, Swarm-Ship untuk pengawasan illegal fishing, dan sebagainya.

"Kita harus mendorong proses percepatan transformasi masyarakat perikanan kita menuju 4.0 secara adil karena mau tidak mau, kita akui bahwa pembudidaya ikan kita, nelayan kita sebagian masih menggunakan konsep lama,” ujar Arif.

Sementara itu, Menteri Edhy mengapresiasi sharing informasi, inovasi teknologi, dan masukan yang diberikan IPB.

Kami butuh masukan-masukan yang tidak hanya sekadar di permukaan, kami mau ini diteruskan lebih dalam dan lebih dalam lagi," ujar Edhy.

Dengan mendengarkan masukan tersebut Edhy semakin dan optimis dapat memajukan sektor perikanan di laut maupun di darat.

"Pembangunan sektor kelautan dan perikanan harus dapat menghasilkan penambahan devisa negara, membuka lapangan kerja, dan menciptakan iklim ekonomi yang terintegrasi di semua sektor," tutup Edhy.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00