Lestarikan Budaya Betawi, Anies Didorong Gelar Festival Kebayoran Lama

Jakarta  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 22:38:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Lestarikan Budaya Betawi, Anies Didorong Gelar Festival Kebayoran Lama

Wahyu Dewanto/Ist

Beragam cara bisa dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Betawi. Salah satunya dengan menggelar Festival Kebayoran Lama.

Demikian disampaikan Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Wahyu Dewanto saat rapat bersama Komisi B dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta, Rabu (13/11).

Menurut Wahyu, pelestarian kebudayaan Betawi dilakukan sebagai bentuk dari implementasi pelaksanaan Peraturan Daerah atau Perda Nomor 4 Tahun 2015.

Perda tesebut berisi tentang pelestarian kebudayaan Betawi, serta Pergub Nomor 229 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

"Walau Jakarta merupakan kota metropolitan, bukan berarti tidak memiliki budaya tradisional. Salah satu cara melestarikannya ya dengan mengadakan Festival Kebayoran Lama," kata politisi Partai Gerindra ini.

Kata Wahyu, Festival Kebayoran Lama juga bisa menampilkan kebudayaan-kebudayaan Betawi, seperti parade ondel-ondel, atraksi silat, hingga pertunjukan lenong Betawi.

"Bukan hanya itu, budaya Betawi juga sangat banyak jenisnya dan beragam. Bahkan tidak hanya memiliki budaya yang bisa dilihat dan berbentuk fisik, tetapi ada pula yang tidak berbentuk atau bukan termasuk benda," pungkas Wahyu.[dod]

Komentar Pembaca