Langgar Prosedur Penyelesaian Sengketa, Grab Gugat Balik Konsumennya

Hukum  RABU, 13 NOVEMBER 2019 , 23:20:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Langgar Prosedur Penyelesaian Sengketa, Grab Gugat Balik Konsumennya

Foto ilustrasi/net

PT Grab Teknologi Indonesia (Grab) menggugat balik (rekonvensi) seorang konsumennya, Zico Leonardo Djagardo Simanjuntak yang sebelumnya menggunggat perusahaan aplikasi transportasi tersebut terkait tantangan "Jugglenaut Challenge" pada aplikasi Grab.
 
"Zico digugat balik atas perbuatan melawan hukum dengan mengajukan gugatan terhadap Grab," kata kuasa hukum Grab, Raja Mada Silalahi dalam keterangan tertulisanya yang diterima redaksi, Rabu (13/11).
 
Menurut Raja Silalahi, dari total 13 ribu lebih peserta "Jugglenaut Challenge", sebanyak 259 peserta telah berhasil lolos verifikasi sebagai pemenang dan berhak mendapatkan hadiah saldo OVO. Hanya ada satu peserta yaitu Zico yang mengaku bermasalah. Padahal, Grab telah menyelesaikan kewajibannya dengan  memberikan hadiah kepada semua peserta termasuk Zico. Zico juga telah menggunakan dan menikmati hadiah saldo OVO tersebut.
 
Kami berpegang pada prinsip fairness. Klien kami telah berusaha agar konsumen mendapatkan haknya. Klien kami juga berharap konsumen mengerti hak dan kewajibannya. Dengan demikian akan terjadi hubungan timbal-balik yang positif,” ujar Raja Silalahi.
 
Zico dinilai melakukan perbuatan melawan hukum karena tidak menjalankan cara penyelesaian sengketa sebagaimana disepakati dalam perjanjian ketika mengikuti permainan tantangan ini. Zico seharusnya mengirimkan surat teguran dan jika teguran itu tidak dipenuhi maka ia wajib mengajukan perkara tersebut ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia, bukan mengajukan gugatan perdata.
 
Dalam berita sebelumnya, gugatan yang dilayangkan Zico bukan sekadar meminta kompensasi atas kerugian material dan nonmaterial, tetapi juga berupa pembayaran sejumlah uang dan permintaan maaf. Zico yang didampingi pengacara David Tobing juga meminta Menteri Komunikasi dan Informatika RI mencabut izin yang berhubungan dengan status Grab sebagai penyedia platform melalui sistem elektronik. Menkominfo juga turut menjadi tergugat. [rah]
 

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00