Ikut Sebar Hoaks Anies Pangkas Dana Rehab Sekolah Untuk Formula E, Ernest Prakasa Dikecam

Ragam  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 11:16:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ikut Sebar Hoaks Anies Pangkas Dana Rehab Sekolah Untuk Formula E, Ernest Prakasa Dikecam

Twitter Ernest Prakasa/Ist

Komika ternama Ernest Prakasa menjadi trending topic di jagat media sosial Twitter usai diduga membantu menyebarkan hoaks yang menyebut Pemprov DKI Jakarta pimpinan Anies Baswedan memangkas dana rehabilitasi gedung sekolah demi event balap Formula E.

Dalam Twitternya, Ernest meneruskan link berita dari salah satu portal berita online yang menempatkan judul 'Demi Formula E, Dana Alokasi Rehabilitasi Sekolah Dipotong'.

Berita tersebut menampilkan Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo sebagai narasumbernya.

Tak hanya sekedar me-retweet, komika sekaligus penulis dan sutradara film ini pun langsung merespon berita tersebut dengan sebuah cuitan.

"Iyalah, rehabilitasi sekolah mana bisa buat pencitraan menuju 2024," tulis Ernest pada Rabu (13/11).

Apa yang dilakukan Ernest ini pun langsung mendapat banyak reaksi dari netizen. Mereka kebanyakan kecewa karena menilai Ernest yang dianggap cerdas berbicara tanpa mengkroscek kebenaran data yang disampaikan dalam berita tersebut.

Terkait hal ini pula, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI Jakarta sudah menegaskan tidak ada pemangkasan anggaran terhadap rehabilitasi gedung sekolah.

Faktanya, tidak ada pemotongan anggaran rehab gedung sekolah untuk Formula E. Penyesuaian anggaran rehabilitasi gedung sekolah yang dibahas bersama anggota Dewan dalam Rapat Komisi didasarkan hasil penelitian teknis dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi DKI Jakarta secara profesional.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat pun mengungkapkan, anggaran rehabilitasi total gedung sekolah yang tercantum dalam rancangan KUA-PPAS yang telah disampaikan secara resmi pada bulan Juni 2019 kepada DPRD Provinsi DKI Jakarta, seluruhnya sebanyak 105 lokasi dengan usulan anggaran sebesar Rp. 2.570.202.489.835,00.

Atas usulan rehabilitasi total gedung sekolah tersebut, telah dilakukan penelitian kembali melalui pemeriksaan dan peninjauan lapangan serta penelitian teknis dan rekomendasi dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang DKI Jakarta.

"Berdasarkan hasil penelitian teknis itu, sebanyak 86 lokasi direkomendasikan perlu perbaikan," terang Syaefuloh

"Bapak Gubernur selalu berpesan kepada ASN untuk memberikan perhatian lebih untuk pendidikan dan keadilan sosial. Rehabilitasi gedung sekolah adalah hak warga yang akan selalu dijaga oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ucapnya.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00