Akhir Pekan Ini Pemprov DKI Tampilkan Sirkus, Cosplay Parade Sampai Karnaval Budaya

Jakarta  KAMIS, 14 NOVEMBER 2019 , 22:37:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Akhir Pekan Ini Pemprov DKI Tampilkan Sirkus, Cosplay Parade Sampai Karnaval Budaya

Dadang Solihin/Ist

Kabar gembira hadir untuk warga Ibukota. Pemprov DKI Jakarta pada akhir pekan ini akan menggelar sejumlah festival menarik.

Setelah absen selama lima tahun, Jakarta International Performing Arts (JakIPA) 2019, akan kembali diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu ini di Plaza Timur Monas, Jakarta Pusat.

Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata, Dadang Solihin mengatakan, JakIPA adalah event unik yang mengambil unsur mainstream, seperti teater, tari, musik, film, opera, magic, spoken words, circus arts, recitation, musical theater.

Event JakIPA akan melibatkan komunitas pelaku dan penampil seni Nusantara dengan negara-negara yang menjalin hubungan Sister City dengan Jakarta maupun performer lain yang diundang untuk tampil bahkan berkolaborasi dengan para artis Jakarta.

Di antaranya, dari Berlin (State School of Artistic Berlin), Budapest, Beijing, dan Moskow (Moscow Art Group Dance Ensemble Junost).

Dengan demikian diharapkan akan terciptanya 'mutual cultural understanding', dan JakIPA menjadi event rutin dan ikonik dalam Pop Culture Jakarta," jelas Dadang, dalam konferensi pers di Balairung, Balaikota DKI Jakarta, Kamis (14/11).

"Nama Jakarta pun akan lebih mendunia dan dapat mempromosikan citra Jakarta sebagai kota kosmopolitan yang modern dan berbudaya," tambahnya.

Event selanjutnya ada Jakarta Cosplay Parade 2019. Event bertaraf internasional itu akan dilaksanakan pada hari Minggu (17/11) di Lapangan Monas Silang Barat, dengan mengangkat tema 'Indonesia Universe'.

Jakarta Cosplay Parade 2019, jelas Dadang, akan menyajikan lomba untuk berbagai kategori bagi Cosplayer, dengan hadiah senilai lebih dari Rp. 134 juta dan akan diikuti sekitar 1.000 Cosplayer dari DKI Jakarta, bahkan dari wilayah luar Jakarta.

Event terakhir ada Festival Pesona Lokal (FPL) Jakarta, yang akan menampilkan sajian beragam aktivitas untuk mengangkat budaya Betawi dan kearifan lokal Provinsi DKI Jakarta. Acara FPL sendiri akan berlangsung di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Sabtu (16/11).

FPL akan menampilkan Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media kipas, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

Acara yang akan dimeriahkan oleh artis Ibukota Raisa, Zaskia Gotik, Abdul Idol, dan Efek Rumah Kaca, merupakan penutup dari rangkaian Festival Pesona Lokal 2019 yang diselenggarakan di 7 kota besar di Indonesia dari Agustus hingga November 2019 di Medan, Denpasar, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00