Jalan Berbayar Segera Diberlakukan, Ganjil-genap Otomatis Hilang

Jakarta  SENIN, 18 NOVEMBER 2019 , 18:36:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Jalan Berbayar Segera Diberlakukan, Ganjil-genap Otomatis Hilang

Syafrin Liputo/Panji Satria

Penerapan jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di Ibukota rencananya akan diterapkan pada tahun 2021 mendatang.

Untuk itu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menggodok penyusunan peraturan daerah (Perda) yang ditargetkan rampung tahun depan.

"Tentu akan ada Perda terkait dengan ERP. Kita harapkan semuanya tahun depan tersusun dengan baik. Sehingga tahun depan kita juga akan melaksanakan lelang sekaligus proses pembangunan," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (18/11).

Syafrin mengklaim seluruh ruas jalan protokol di Jakarta sudah layak diterapkan jalanan berbayar atau ERP. Hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 32 Tahun 2012 yang ditinjau dari empat aspek, yakni kecepatan, visio rasio, dilayani angkutan umum, dan lingkungan.

Kalau dari kecepatan di bawah 30 kilometer per jam (target penerapan ERP). Sekarang setelah ganjil genap hasil evaluasi 31 kilometer per jam sedikit naik dari 25 kilometer per jam,” ujar Syafrin.

Untuk penagihan pembayaran ERP, Syafrin menjelaskan, masih dalam pengkajian. Ia juga belum memastikan apakah nantinya penagihan itu akan menjadi satu ke dalam kategori Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Otomatis kalau sudah ada ERP, (Aturan) ganjil-genap hilang," pungkasnya.

Pemprov DKI sebenarnya sudah melelang proyek ERP pada 2019 ini. Namun, lelang itu dibatalkan untuk mengikuti pendapat hukum Kejaksaan Agung.

Kejaksaan Agung meminta lelang proyek ERP diulang. Sebab, ada hal prinsip yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00