Penyerobot Jalur Sepeda Bakal Didenda Rp 500 Ribu

Jakarta  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 22:54:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Penyerobot Jalur Sepeda Bakal Didenda Rp 500 Ribu

Syafrin Liputo/RMOL

Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang giat membangun banyak jalur dan tempat parkir untuk sepeda. Tujuannya tidak lain mendorong lebih banyak warga beraktivitas menggunakan sepeda.

Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berulang kali mengatakan bahwa sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga melainkan juga alat transportasi.

Karenanya untuk mendukung hal itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Pemprov DKI sedang menggodok aturan hukumnya berupa peraturan gubernur (Pergub).

"Hari ini (Pergub) baru ditandatangani. Selanjutnya kita akan sampaikan ke Biro Hukum untuk diundangkan. Setelah diundangkan, masuk ke dalam lembaran Pemda, baru kita akan umumkan berlaku," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Gedung Balai Kota, Selasa (19/11).

Setelah resmi diberlakukan, Syafrin menyatakan polisi bisa menilang pengendara bermotor yang menyerobot jalur sepeda.

"Semuanya bisa dilakukan tindakan. Jadi tindakannya ada dua, pertama dari pengendara sepeda motor ataupun roda empat yang melakukan pelanggaran terhadap jalur sepeda," ujarnya.

Syafrin menambahkan, bagi pengendara yang melanggar akan diancam dengan UU No 22/2009 pasal 284 dimana ancamannya ada pidana kurung maksimal 2 bulan atau denda paling besar Rp 500 ribu.

"Bagi kendaraan bermotor roda dua dan roda empat yang parkir di jalur sepeda, juga akan kita lakukan penderekan atau sepeda motor kita pindahkan," terang Syafrin.

"Kemudian diancam membayar retribusi sesuai dengan Perda DKI, dengan membayar retribusi untuk sepeda motor per hari Rp 250 ribu berlaku akumulatif, kemudian roda empat per hari Rp 500 ribu berlaku akumulatif," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00