Ada Wacana Hapus IMB dan Amdal, Walhi: Menteri ATR Nggak Paham Subtansi

Nasional  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 08:26:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ada Wacana Hapus IMB dan Amdal, Walhi: Menteri ATR Nggak Paham Subtansi

Sofyan Djalil/Net

Menteri Agraria dan Tata Ryan (ATR)-Kepada Badan Pertahanan Nasional (BPN) Sofyan Djalil melontarkan wacana penghapusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Amdal saat peringatan Hari Tata Ruang Nasional.

Penghapusan IMB dan Amdal ditempuh pemerintah sebagai bentuk penyederhanaan izin yang diharapkan dapat memudahkan investasi.

Terkait hal tersebut, Manager Kampanye, Pangan, Air dan Ekosistem Esensial Eksekutif Nasional (Eknas) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Wahyu Perdana mengatakan, ada tiga catatan penting yang perlu diperhatikan.

"Yang paling mendasar kami khawatir menteri ATR/BPN tidak paham substansi proses Amdal dan IMB, " kata Wahyu saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (20/11).

Wahyu menjelaskan kenapa dirinya mengatakan demikian karena menurutnya soal IMB dan Amdal bukan hanya urusan administrasi semata. Tetapi substansinya kepada dampak lingkungan dan keselamatan publik.

"Kalau kemudian tahapan proses teknis untuk melihat keamanan publik disekitarnya itu hilang, kontrolnya apa?," tanya Wahyu.

Yang Kedua, Walhi khawatir kalau keduanya dihilangkan dampak berikutnya akan berpengaruh pada partisipasi publik. "Untuk berkata iya atau tidak kan harus tau dampaknya. Publik mana tau kalau ada dampak itu terjadi," katanya.

Sehingga dalam banyak kerangka model perijinan, lanjut Wahyu, masyarakat harus bisa menyampaikan keberatannya. "Kalau itu hilang begitu saja, peran masyarakat mau di taruh dimana?," cetusnya.

Terakhir, menurut pengamatan Wahyu, persoalan ini ada konteks politik dan tata negara. Dua hal itu merupakan bagian dari kontrol negara untuk melakukan fungsinya melindungi hak warga negaranya.

"Kalau itu hilang, pertanyaannya peran negara untuk memihak dimana? Sama seperti memberikan negara ke tangan investor. Kalau kemudian semuanya dihilangkan akan ada masalah besar. Baik dari segi keamanan lingkungan atau ancaman lainnya," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00