Edhy Prabowo Ingatkan Pelaku Usaha Soal Lapor Hasil Tangkapan Dan Bayar Pajak

Nasional  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 12:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Edhy Prabowo Ingatkan Pelaku Usaha Soal Lapor Hasil Tangkapan Dan Bayar Pajak

Menteri Edhy Prabowo/Ist

Dalam rangka akselerasi pengembangan industri perikanan tangkap Indonesia, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo melakukan silaturahmi dengan lebih dari 400 pelaku usaha perikanan tangkap Indonesia.

Dalam kegiatan yang digelar di Ballroom Gedung Mina Bahari III, Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tersebut juga dilakukan penyerahan 407 Surat Izin Usaha Perikanan (SIUP) dan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) secara simbolik.

Kami mau, penyerahan izin ini menjadi simbol bahwa kami akan memberikan pelayanan seutuhnya,” ujar Edhy, Selasa (19/11).

Edhy menyebut, tak hanya untuk penyerahan SIUP dan SIPI, silaturahmi ini juga dilakukan untuk memperkuat komunikasi antara pelaku usaha dengan pemerintah sebagai bentuk komitmen guna menemukan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi.

Sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen pemerintah ini, Edhy meminta pelaku usaha perikanan tangkap untuk melaporkan hasil tangkapan secara benar dan membayar pajak secara tertib.

Selain itu, ia juga meminta pelaku usaha untuk mengusung konsep sustainability (keberlanjutan) dalam menjalankan usaha.

Kadang-kadang karena sudah merasa untung 10, maunya untung 100. Untung 100, maunya 1.000. Kita harus bikin komitmen dan kesepakatan kalau kita semua akan menjaga keberlanjutan dan kelangsungan bisnis kita di industri kelautan ini,” paparnya.

Untuk menjaga agar usaha penangkapan ikan ini terus memberikan profit dan mampu menopang kehidupan para pelaku usaha dan para pekerjanya, Edhy mengimbau pelaku usaha tidak melakukan penangkapan ikan secara berlebihan.

Pelaku usaha juga dinilai memegang peranan penting bagi perekonomian negara melalui penerimaan pajak dari sektor perikanan.

Pajak jangan lupa dibayar, karyawan yang kerja sama bapak-bapak ibu-ibu jangan juga dilupakan kesejahteraannya,” pesannya.[dod]

Komentar Pembaca