Masih Kurang, Klinik Pratama Jakarta Utara Terus Ditambah

Jakarta Utara  KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 19:54:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Masih Kurang, Klinik Pratama Jakarta Utara Terus Ditambah

Foto/Net

Terbatasnya jumlah Klinik Pratama atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu menyebabkan pelayanan kesehatan kepada warga menjadi kurang maksimal.

Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Utara, Parasamya Dewi Cipta mengatakan jumlah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) idealnya di Jakarta Utara sebanyak 147 FKTP. Saat ini, jumlah fasilitas kesehatan tersebut hanya 125 FKTP.

"Kita masih kekurangan 22 FKTP khususnya untuk Klinik Pratama di Kecamatan Cilincing dan Kecamatan Pademangan yang jumlah pesertanya cukup banyak," ujar Parasamya, Kamis (21/11).

Data BPJS Kesehatan Jakarta Utara, jumlah FKTP di Jakarta Utara yakni 55 Puskesmas, 52 Klinik Pratama, 17 Klinik TNI/Polri, dan 1 Dokter Praktek Perorangan (DPP).

"Di Kecamatan Pademangan tercatat hanya ada 2 Klinik Pratama. Padahal di kecamatan lainnya terdapat 9-10 Klinik Pratama. Sedangkan di Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan tidak memiliki Klinik Pratama dan hanya dilayani masing-masing 3 Puskesmas," kata Parasamya.

Pihaknya, tambah Parasamya, masih mencari mitra agar pelayanan kesehatan di tingkat Klinik Pratama di Jakarta Utara dapat bertambah.

"Untuk itu kami masih mencari mitra Klinik Pratama dengan persyaratan di antaranya memiliki Surat Izin Operasional Klinik Pratama, dua dokter umum yang memiliki SIP (Surat Izin Praktek), satu dokter gigi yang memiliki SIP (opsional), memiliki jejaring apotek dan bidan sesuai, serta NPWP Badan seusai Permenkes No 71/2013," pungkasnya. [rah]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00