Pimpin Gubernur Se Indonesia, Anies Keluhkan Program Pembangunan Tak Terintegrasi

Nasional  RABU, 27 NOVEMBER 2019 , 16:23:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pimpin Gubernur Se Indonesia, Anies Keluhkan Program Pembangunan Tak Terintegrasi

Anies Baswedan/Panji Satria

Tidak hanya dipilih rakyat Jakarta untuk menjadi pemimpin, Anies Baswedan juga dipercaya Gubernur se-Indonesia untuk menjadi Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) periode 2019-2023.

Anies dipercaya menggantikan Ketua Umum Sementara APPSI Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, dalam Musyawarah Nasional (Munas) APPSI VI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa malam (26/11).

APPSI sendiri merupakan wadah interaksi kepemimpinan pada tingkat nasional yang anggotanya terdiri dari para Gubernur se-Indonesia.

Anies mengatakan, langkah pertamanya sebagai Ketua APPSI adalah program penyusunan pengurus.

"Jadi hari ini kita berkomunikasi intensif terutama dengan dewan pakar. Kemudian langsung nanti akan membentuk formatur. Dari formatur itu akan membentuk pengurus. Lalu nanti ada pelantikan, baru kemudian mulai program-program kerja," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (27/11).

Untuk program kerja sendiri, lanjutnya, hal itu sudah disepakati bersama para Gubernur.

Anies menekankan, APPSI harus dapat memfasilitasi aspirasi Pemerintah Provinsi terkait dengan rencana-rencana pembangunan yang harus didukung oleh Pemerintah Pusat.

"Karena lokasinya yang jauh, seringkali program-program pembangunan itu tidak terintegrasi baik dengan program-program pusat," ujar Anies.

Selain itu, Anies menuturkan, para Gubernur masing-masing telah menceritakan tantangan-tantangannya. Dari semua itu, yang paling berat adalah di kawasan kepulauan.

"Mereka menyampaikan dalam pertemuan tertutup bahwa ukuran atas rencana pembangunan lebih bias di kawasan daratan. Untuk kepulauan seringkali anggarannya dan programnya kurang," ungkap Anies.

"Nah lewat asosiasi (APPSI) ini, masukan mereka bisa diakomodir," tutup Anies.[dod]

Komentar Pembaca