Setuju Usulan Nadiem, Demokrat: UN Tak Efektif Dan Pemborosan

Nasional  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 17:46:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Setuju Usulan Nadiem, Demokrat: UN Tak Efektif Dan Pemborosan

Didi Irawadi/Net

Mendikbud) Nadiem Makarim melontarkan gagasan yang visioner.

Mendikbud milenial ini mengaku sedang mengkaji penghapusan Ujian Nasional (UN) dan sedang membahas tentang penyederhanaan kurikulum pendidikan.

Terkait hal tersebut, Anggota Komisi X Fraksi Partai Demokrat, Didi Irawadi menyatakan dukungannya dengan usulan Nadiem soal penghapusan UN dihapus.

Sebab, menurutnya, UN sudah tidak efektif dan dinilai salah satu pemborosan anggaran sekolah.

"UN sudah tidak tepat dan efektif lagi, bahkan cenderung pemborosan dan tidak berkeadilan. Apalagi standar tiap sekolah tidak sama," ungkap Didi dalam keterangannya, Jumat (29/11).

Didi juga menilai UN bisa semangat belajar siswa karena semangat belajarnya hanya tertumpu bagaimana lolos UN bukan belajar untuk mencari minat dan bakat siswa.

"Lagi pula UN sudah tidak menjadi penentu masuknya seorang murid ke perguruan tinggi, dengan diadakannya Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK)," tambah Didi.

Tak sampai disitu, Didi juga setuju dengan program Mendikbud Nadiem Makarim yang ingin menyederhanakan kurikulum sekolah. Dimana siswa dikurangi belajar menghafal dan mengutamakan kompetensi.

Ia menilai program itu bisa membuat sistem pendidikan Indonesia menjadi lebih modern.

Didi juga berpesan agar Nadiem memperhatikan guru honorer yang mendapat gaji di bawah standar. Dia meminta Kemendikbud mengeluarkan kebijakan agar guru mendapat honor yang layak.

"Saya berharap Menteri Nadiem juga mencari jalan keluar terkait nasib para guru honorer. Bagaimana mungkin jika masih banyak guru mendapat honor jauh di bawah standar, kemudian bisa optimal memberikan ilmu dan pendidikan," kata Didi.

"Guru menentukan masa depan bangsa ke depan, lebih banyak guru yang berkualitas dan punya penghasilan yang layak, insya Allah dunia pendidikan akan berkembang baik," tutupnya.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00