Keputusan Hakim Soal Kasus Pemalsuan Dokumen Asuransi Dinilai Tepat

Hukum  JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 18:48:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Keputusan Hakim Soal Kasus Pemalsuan Dokumen Asuransi Dinilai Tepat

PN Jakarta Selatan/Net

Terobosan hukum Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dalam kasus dugaan pemalsuan klaim asuransi dengan terdakwa advokat Alvin Lim (AL) dinilai sudah tepat.

Demikian disampaikan saksi ahli pidana dari Universitas Bahayangkara Jakarta Dwi Seno Wijanarko, Jumat (29/11).

Diketahui, Ketua Majelis Hakim PN Jakarta Selatan Toto Ridarto dalam amar putusannya menyebutkan bahwa berkas gugatan Jaksa Penuntut Umum tidak dapat diterima oleh majelis hakim dan dikembalikan ke Kejaksaan.

Berdasarkan putusan Majelis Hakim PN Jakarta Selatan pada 20 November 2019 dinyatakan tuntutan ditolak. Artinya pembuktian oleh JPU tidak terpenuhi dan telah selesai.

Sehingga dengan dasar putusan tersebut, status terdakwa yang melekat pada Alvin Lim otomatis gugur.

"Terdakwa bebas dari tuntutan hukum atas putusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ini langka dalam praktek hukum. Namun sah, sehingga terdakwa tidak dapat dikatakan bersalah," kata Dwi.

Dwi menduga penolakan tuntutan JPU oleh majelis hakim karena sejak awal memang ada rekayasa peristiwa hukum atau kriminalisasi terhadap pengacara Alvin Lim.

Sementara itu, Alvin Lim mengatakan, akhirnya keadilan dapat ditegakkan. Dengan dikembalikan berkas ke Kejaksaan dan tuntutan JPU ditolak sudah membuktikan bahwa dirinya terbukti tidak bersalah.

"Silahkan JPU dan Allianz sebagai pelapor mengambil langkah banding dan atau kasasi apabila tidak puas dengan keputusan hakim. Apabila jaksa menempuh langkah hukum lanjutan, hanya akan lebih mempermalukan Kejaksaan karena ketidakmampuannya membuktikan perkara dengan kehadiran terdakwa. Hakim sudah menolak sidang In-absentia karena melanggar hukum," kata Alvin.

Dalam Pasal 196 KUHAP dengan jelas mengatakan bahwa persidangan untuk perkara pidana umum wajib dilakukan dengan kehadiran terdakwa kecuali Tipikor atau TPPU.

Dengan demikian kasus pemalsuan dokumen klaim yang menuduh pengacara Alvin Lim turut membantu Budi Wijaya dan Mellisa Wijaya dalam memalsukan dokumen asuransi yang merugikan pihak Asuransi Allianz tidak terbukti dan selesai disidangkan di PN Jakarta Selatan.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00