Rumah Sehat Baznas Dibangun Di Berau

Sosial  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 20:13:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Rumah Sehat Baznas Dibangun Di Berau

PKS pembangunan RSB di Berau/RMOL

Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) bersama Pemerintah Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menandatangani Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) pembangunan Rumah Sehat Baznas (RSB) Berau di Jakarta, Senin (2/12).

Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan, ketiga pihak akan bersama-sama mendirikan RSB Berau untuk memberikan layanan kesehatan terpadu bagi masyarakat di Kabupaten Berau dan sekitarnya.

Selain itu, layanan ini juga diberikan kepada masyarakat dari luar daerah yang sedang beraktivitas di Berau dan membutuhkan layanan medis.

"Bagi masyarakat kurang mampu, RSB tidak memungut biaya sama sekali untuk seluruh perawatan yang diberikan. Masyarakat kurang mampu juga mendapatkan perlakuan yang sama dengan masyarakat lainnya," kata Bambang.

YDBBC akan mendukung pembangunan RSB Berau dan penyediaan alat kesehatan sebesar Rp17 miliar. Sedangkan Pemerintah Kabupaten Berau menyediakan lahan untuk pembangunan RSB.

"Biaya operasional pengelolaan RSB Berau selama melayani masyarakat menjadi tanggung jawab bersama Baznas, Baznas Provinsi Kaltim dan Baznas Kabupaten Berau menggunakan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan masyarakat," kata Bambang.

RSB Berau akan berdiri di lahan seluas 4.920 meter persegi, dengan luas bangunan 1.700 meter persegi yang terdiri dari dua lantai.

Secara khusus, RSB Berau masuk klasifikasi klinik utama atau RS tipe E, yang dilengkapi dengan layanan rawat inap dengan kapasitas 32 tempat tidur.

Dalam kesempatan terpisah, Bupati Berau, Muharram mengatakan, pembangunan Rumah Sehat Baznas yang akan dibangun di Kabupaten Berau ini, akan menjadi yang terbaik dan termahal dengan alokasi anggaran miliaran rupiah.

Muharam mengatakan, masyarakat juga perlu turut membantu pengoperasian dengan menyalurkan zakat melalui Baznas.

Pembangunan Rumah Sehat Baznas yang dimulai tahun 2019 ditargetkan rampung dan mulai dioperasikan 2021 mendatang.[dod]

Komentar Pembaca
Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

Antisipasi Banjir, DKI Keruk Sungai Dan Cek Pompa

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 17:21:00

Pemprov DKI Gelar Pameran Foto Ruang Ketiga Di Balai Kota
Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

Anies Meninjau Penataan PKL Di CFD

MINGGU, 03 NOVEMBER 2019 , 15:55:00