Cegah Stunting, Menteri KKP Minta Ibu-ibu Masak Makanan Berbahan Ikan

Nasional  MINGGU, 15 DESEMBER 2019 , 21:40:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Cegah Stunting, Menteri KKP Minta Ibu-ibu Masak Makanan Berbahan Ikan

Edhy Prabowo/Ist

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menghadiri penutupan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 di Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu (14/12).

Saat menutup kegiatan bertema Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa” itu, Edhy menyampaikan apresiasi bagi pemerintah dan masyarakat daerah, utamanya ibu-ibu penggerak PKK yang telah mengikuti rangkaian kegiatan Harkannas dengan antusias.

Berbagai perlombaan yang digelar misalnya Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) ke -17 yang bertujuan meningkatkan kepedulian ibu-ibu dalam penyediaan pangan sehat bagi keluarga.

Saya berharap, ibu-ibu semua bisa menyajikan makanan berbahan ikan dengan berbagai macam kreasinya untuk keluarga di rumah. Saya yakin ibu-ibu punya ide dan kreativitas dalam penyajiannya sehingga dapat membantu mencegah anak-anak bangsa dari stunting,” kata Edhy.

Sebagai puncak kegiatan dilakukan pengumuman pemenang LMSI ke-17. Sebanyak 32 peserta dari 32 provinsi di Indonesia telah menunjukan keterampilan dan kreativitas memasak ikan untuk memperebutkan piala bergilir Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan ditutup dengan masak ikan bersama Edhy, Ibu Iis Edhy Prabowo dan Chef Billy Kalangi dengan menu ketupat sayur cakalang pindang.

Saya berharap tidak ada lagi anak-anak yang di mata kita terlihat sehat dan kuat, tidak bisa berjalan pada waktunya akibat kekurangan gizi. Kita harus bahu membahu mengatasi ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2018) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, salah satu permasalahan gizi di Indonesia yaitu pertumbuhan stunting atau hambatan pertumbuhan tubuh (30,8%).[dod]

Komentar Pembaca