Baznas-Telkom Luncurkan Chatbot Zakat Virtual Assistant "Zavira"

Sosial  RABU, 18 DESEMBER 2019 , 16:19:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Baznas-Telkom Luncurkan Chatbot Zakat Virtual Assistant

Peluncuran Zavira/Ist

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia meluncurkan layanan Chatbot (Chatting Robot) di Jakarta, Rabu (18/12).

Chatbot merupakan layanan zakat di aplikasi percakapan LINE, yang fungsinya memudahkan muzaki mendapatkan layanan zakat selama 24 jam.

Diberi nama Zavira, layanan zakat virtual ini diluncurkan langsung oleh Anggota Baznas, Emmy Hamidiyah dan GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto.

Emmy Hamidiyah mengatakan, Zavira merupakan bagian dari inovasi zakat digital Baznas dalam bentuk artificial intelligence (AI) sebagai layanan kemudahan pembayaran zakat, infak, sedekah (ZIS) bagi muzaki melalui media sosial.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh melalui Zavira ini. Cukup dengan menambahkan @BAZNASIndonesia sebagai teman di menu official account LINE, pengguna dapat bertanya kepada Zavira seputar zakat, infaq dan sedekah.

"Yang kedua adalah Kalkulator Zakat. Di kanal ini pengguna LINE bisa mendapatkan informasi tentang cara penghitungan zakat penghasilan, zakat mal, bayar sedekah dan bayar zakat. Selain itu jika pengguna lain ingin mengetahui lebih dalam mengenai Baznas, Zavira menyediakan kanal informasi mengenai Baznas," kata Emmy.

Selain di LINE, Baznas juga mengajak masyarakat berzakat melalui platform lain seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan Instagram.

Menurut Emmy, Baznas berkomitmen zakat dapat dikelola secara profesional, efektif, efisien dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang bergerak cepat. Sebab ada potensi besar untuk mengembangkan strategi pemanfaatan media digital sebagai instrumen pembayaran zakat.

Inovasi layanan zakat via aplikasi ini akan semakin meningkatkan penghimpunan zakat dari para muzaki. Jika dilihat dari angka, proporsi pengumpulan zakat melalui digital telah meningkat 3% pada 2017. Kemudian meningkat 6% pada 2018 dan mencapai 15% pada 2019.

GM Central Government Service PT Telkom Indonesia, Rachmad Dwi Hartanto mengucapkan terima kasih kepada Baznas atas kepercayaan untuk berkolaborasi dalam penyampaian informasi dan penghimpunan Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dari masyarakat.[dod]

Komentar Pembaca
Bersatu Dalam Keberagaman

Bersatu Dalam Keberagaman

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 09:08:00

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 21:10:00

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:06:00