Pengamat LIPI: Agung Dan Syaikhu Layak Dipilih

Politik  KAMIS, 19 DESEMBER 2019 , 21:00:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pengamat LIPI: Agung Dan Syaikhu Layak Dipilih

Siti Zuhro/RMOL

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terpaksa bekerja sendirian setelah ditinggalkan Wagub Sandiaga Uno yang mengundurkan diri 17 bulan lalu.

Pengamat Politik dari LIPI Siti Zuhro mengatakan, masalah pengganti Sandiaga sebetulnya sudah selesai karena Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai partai pengusung Anies-Sandi telah mengusulkan dua nama untuk menjadi Cawagub DKI.

Bola panas Cawagub pun sebenarnya sudah berada di tangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, namun sejauh ini proses tersebut berjalan mandek.

Zuhro yang saat itu ditunjuk Partai Gerindra untuk melakukan fit and proper test kepada bakal Cawagub menyatakan, Cawagub usulan PKS, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu layak untuk dipilih.

Karenanya Zuhro menyimpulkan mandeknya Cawagub DKI ini tak lebih karena urusan politik yang belum kelar.

"Jadi dua partai pendukung ini harus solid ya, karena DPRD kan ndak bisa memutuskan kalau mereka ndak solid, akhirnya kayak gini, masuk angin. Jadi ini politik banget," kata Zuhro dalam diskusi publik bertema 'Mencari Pendamping Anies, Mungkinkah Cawagub Alternatif? yang digelar Forum Wartawan Peduli Jakarta (FWPJ) di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat, Kamis (19/12).

Zuhro membaca Gerindra nampaknya belum legowo bila jatah Cawagub DKI direbut PKS.

"Kalau pengganti Sandi adalah kader PKS, lalu Gerindra siapa yang wakilin di pemerintah DKI? Anies kan tidak terafiliasi partai. Jangan-jangan fungsi representasi yang dipertanyakan," tegasnya.

"Politik itu sebenarnya cair dan penuh opsi. Deadlock itu disitu. Kalau Gerindra gak mengiyakan susah juga. Ini yang mesti dipahami publik. Kalau sudah masuk ranah politik yang mudah jadi sulit," demikian Zuhro.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00