Prediksi Cuaca Kedubes AS Viral, Ini Penjelasan Dubes Donovan

Ragam  KAMIS, 09 JANUARI 2020 , 17:24:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Prediksi Cuaca Kedubes AS Viral, Ini Penjelasan Dubes Donovan

Joseph R Donovan/RMOL

Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan berpamitan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedung Balai Kota DKI Jakarta usai menuntaskan tugasnya selama tiga tahun sebagai Ambasador.

Dalam kesempatan itu, Donovan juga mengklasifikasi atas kekeliruan mengenai prakiraan cuaca yang dirilis Kedubes AS yang kemudian menjadi Viral.

"Bersama Gubernur membicarakan mengenai cuaca dan kesalahan penerjemahan pemberitahuan dari Kedutaan Amerika Serikat beberapa hari yang lalu," ujar Donovan, Kamis (9/1).

"Dan saya ingin meyakinkan Anda semua bahwa Kedutaan Amerika tidak dalam prediksi cuaca di Indonesia, di Jakarta, Terima kasih banyak," sambungnya.

Sebelumnya tulisan mengenai peringatan cuaca yang dikeluarkan oleh Kedubes AS menyedot perhatian publik.

Prediksi cuaca tersebut dengan cepat tersebar melalui media sosial dan dengan cepat langsung menjadi perbincangan.

Disebutkan bahwa mereka memperingatkan kepada warganya yang tinggal di Indonesia untuk bersiap mewaspadai cuaca ekstrem yang masih terus akan melanda Ibukota hingga 12 Januari 2020.

Sementara itu, Gubernur Anies juga telah mengatakan sebelumnya bahwa apa yang ditulis Dubes Amerika Serikat sesungguhnya sama dengan apa yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Kebetulan kemarin ada pengumuman yang disalah pengertian karena menulisnya itu beda. Padahal kemarin saya bilang apa yang disampaikan Kedubues Amerika, itu udah di sampaikan sama BMKG," pungkas Anies.[dod]

Komentar Pembaca