Kolaborasi Dengan Kementerian, Anies Wujudkan Transportasi Kelas Dunia

Nasional  JUM'AT, 10 JANUARI 2020 , 14:15:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kolaborasi Dengan Kementerian, Anies  Wujudkan Transportasi Kelas Dunia

Anies Baswedan/Ist

Pemprov DKI Jakarta melalui PT MRT Jakarta (Perseroda) berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan melalui PT KAI (Persero) menyepakati kerja sama pendirian PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan sebagai tindak lanjut Head of Agreement yang telah dilakukan sebelumnya antara PT KAI dan PT MRT Jakarta untuk mewujudkan integrasi tata kelola (manajemen) transportasi berbasis rel di wilayah Jabodetabek.

Kita satu tahun yang lalu memulai pembahasan mengenai integrasi bersama pak Presiden. Waktu itu di bulan Februari. Dan Alhamdulillah sejak bulan Oktober kemarin mengalami akselerasi yang luar biasa. Head of Agreement-nya 9 Desember 2019," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam sambutannya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).

"Kemudian sekarang kita bersama-sama menyaksikan stakeholder agreement yang ini menandai lahirnya sebuah CV yang kita beri nama PT. Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek,” sambungnya.

Anies menyampaikan, harapannya transportasi umum Jakarta menjadi transportasi berkelas dunia yang memiliki keunggulan dari segi ekonomis dan efisiensi subsidi anggaran. Karena itulah, pengelolaan manajemen transportasi yang terintegrasi antara BUMN dan BUMD di Jakarta menjadi babak baru dalam kolaborasi memberikan layanan mobilitas terbaik bagi masyarakat.

Nah CV ini nantinya akan menjadi kendaraan bagi kita untuk melakukan perencanaan, implementasi pengintegrasian transportasi ini," jelas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Lebih lanjut dijelaskan, pengintegrasian transportasi ini dimana didalamnya terdapat KCI atau Kereta Commuter Indonesia, lalu Rail Link, dan 72 stasiun di Jabodetabek akan di bawah kendali Pemprov DKI.

"Jadi benar-benar ini akan terintegrasi,” tegasnya.

Perlu diketahui, kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama ini dihadiri pula oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi , Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro.[dod]

Komentar Pembaca
Mahasiswa UBK Gelar Aksi Solidaritas Penggusuran Tamansari
Kado HUT Persija

Kado HUT Persija

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 11:10:00

Anies Terima Plakat Muhammadiyah

Anies Terima Plakat Muhammadiyah

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 17:14:00