Bang Japar Siap Hadang Massa Anti Anies

Peristiwa  SENIN, 13 JANUARI 2020 , 18:10:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Bang Japar Siap Hadang Massa Anti Anies

Fahira Idris/RMOL

Sejumlah massa yang dimotori Abu Janda akan menggeruduk Kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Selasa siang (14/1).

Aksi tersebut disebut-sebut sebagai bentuk kekecewaan warga Jakarta terhadap Anies yang dinilai gagal menangani masalah banjir Ibukota.

Merespon hal itu, Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) asuhan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Fahira Idris berencana ikut turun tangan.

Bang Japar akan menjaga Gedung Balai Kota dari para penyusup.

Fahira mengatakan, demontrasi merupakan hak dari warga negara dan dijamin oleh undang-undang. Meskipun terlepas dari tujuannya tepat atau tidak.

"Saya melihat bencana banjir ini sudah dijadikan komoditas oleh orang-orang yang selama ini kerjanya memang mendegradasi Pemprov DKI dan Gubernur Anies, tanpa mau memahami fakta yang jelas," kata Fahira, Senin (13/1).

Turunnya Bang Japar ini, lanjut Fahira, untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang menyalahgunakan aksi tersebut untuk memprovokasi.

"Yang patut kita cermati adalah banjir yang melanda Jakarta dan daerah penyangganya tidak mungkin bisa diselesaikan sendiri oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta," ujar Fahira.

Hal itu lantaran Jawa Barat dan Banten juga harus bekerjasama mengingat keberadaan 13 sungai besar yang melintas antarprovinsi.

"Jika mau kita sandingkan data-data banjir, dapat terlihat jelas kok sejauh mana program pencegahan yang telah dilakukan Pemprov DKI saat ini dibanding sebelumnya," ucap Fahira.

"Parameternya bisa dilihat dari kecamatan terdampak, kelurahan terdampak, warga terdampak, jumlah pengungsian, lama genangan, dan lainnya yang jauh berkurang," tutupnya.[dod]

Komentar Pembaca