Serikat Buruh Tegas Tolak Omnisbus Law RUU Cipta Lapangan Kerja

Peristiwa  RABU, 15 JANUARI 2020 , 18:59:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Serikat Buruh Tegas Tolak Omnisbus Law RUU Cipta Lapangan Kerja

Unjuk rasa buruh di Istana/RMOL

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN), dan Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (15/1).

Dalam aksinya kali ini, para buruh menyuarakan penolakan terhadap Omnisbus Law RUU Cipta Lapangan Kerja yang digagas oleh pemerintah.

Presiden KSBI Ely Rosita Silaban menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan berjalan sendiri tanpa melibatkan buruh dalam penyusunan RUU tersebut.

"Ada rencana pemerintah untuk penyederhanaan UU yang dimana ada cluster ketenagakerjaan didalamnya. Tapi kita melihat UU lebih kepada investasi," kata Ely.

Dengan begitu, Ely menegaskan, bahwa dampak dari undang-undang tersebut adalah kepada kaum buruh. Para buruh juga mempertanyakan keberadaan posisi mereka yang dianggap tak kasat mata sebab tak ditulis dalam bagian dari stakeholder.

"Ada surat dari Kemenko bahwa stakeholder itu hanya dua, pemerintah dan pengusaha. Lalu dimana kita sebagai Serikat Buruh yang selama ini kita sebut tripartite?," tanyanya.

Untuk itu, para buruh berharap pemerintah dapat melibatkan serikat buruh mulai dari proses penyusunan draft RUU sampai itu jadi UU.

"Karena ketika kita tidak dilibatkan nanti gelombang ini akan terus-terusan. Terlepas ada pro dan kontra, kami minta kepada pemerintah dan pengusaha tolong kita di ajak bicara," tegas Ely.

"Kalau Jokowi bilang ini untuk negara kita bangsa Indonesia, kita adalah bagian dari bangsa. Yang berhak juga menikmati kesejahteraan," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00