Begini Inovasi TransJakarta Sajikan Transportasi Kelas Dunia Di Jakarta

Jakarta  JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 17:00:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Begini Inovasi TransJakarta  Sajikan Transportasi Kelas Dunia Di Jakarta

Agung Wicaksono/Net

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dianugerahi penghargaan tingkat dunia dari Komite Sustainable Award (STA) atas keberhasilannya dalam mengembangkan platform transportasi yang berkesinambungan, khususnya Bus Rapid Transit (BRT), Transjakarta.

DKI Jakarta dinilai berhasil mengembangkan BRT atas gebrakan Gubernur Sutiyoso hingga integrasi antar moda Gubernur Anies Baswedan yang kini telah memainkan peran signifikan dalam keseharian transportasi masyarakat ibukota.

Sebagai bagian dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mendukung penuh Pemprov DKI dalam memajukan Jakarta, khususnya di bidang transportasi.

TranJakarta bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta terus berupaya memberikan pelayanan terbaik tidak hanya dari sisi sarana dan prasarana saja tetapi dari berbagai aspek lainnya.

Tidak tanggung-tanggung sebagai bentuk dukungan, TransJakarta hingga 10 tahun ke depan akan membuat sistem transportasi di Jakarta, khususnya BRT menjadi transportasi yang tidak hanya terintegrasi, melainkan ramah lingkungan dan unggul dalam bidang lainnya.

Pertama-tama rantai sistem transportasi berbasis ramah lingkungan, diawali dengan bus listrik yang akan beroperasi segera," kata Direktur Utama PT TransJakarta Agung Wicaksono melalui keterangan tertulisnya, Jumat (17/1).

Selanjutkan untuk pengusahaan pembiayaan agar dapat melapisi Public Service Obligation (PSO) diantaranya yakni peningkatan pemanfaatan aset.

Selain upaya-upaya itu, yang harus diwujudkan dan menjadi tantangan perseroan selanjutnya ialah bagaimana membentuk budaya mandiri dalam bertransportasi.

Dalam hal ini, secara perlahan TransJakarta mulai melakukan perubahan dengan menerapkan sistem wayfinding dan alat Tap On Bus (TOB) yang sudah diberlakukan dan terus disosialisasikan hingga saat ini agar layanan TransJakarta menjadi setara dengan negara kelas dunia lainnya.

Dengan begini, TransJakarta optimis bisa beriringan mengajak masyarakat beralih dari kendaraan umum ke transportasi publik. Ini seiring dengan cita-cita Pemprov DKI untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota 4.0,” tutup Agung.[dod]

Komentar Pembaca
Selfie Bareng  Anies

Selfie Bareng Anies

JUM'AT, 20 DESEMBER 2019 , 20:45:00

Anies Keliling Pantau Misa Natal

Anies Keliling Pantau Misa Natal

SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 19:24:00

Bersatu Dalam Keberagaman

Bersatu Dalam Keberagaman

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 09:08:00