Dewan Pers Ingatkan Soal Penjajahan Media

Ragam  SELASA, 21 JANUARI 2020 , 23:04:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Dewan Pers Ingatkan Soal Penjajahan Media

M Nuh/RMOL

Kemajuan zaman menuntut media untuk terus melakukan perubahan. Oleh karena itu mau tidak mau harus ada transformasi bisnis model supaya media tetap bisa sustainable atau berkelanjutan.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh dalam peresmian Kelompok Kerja (Pokja) Keberlanjutan Media (Task Force Media Sustainability) di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Selasa (21/1).

"Dari situlah kami Dewan Pers membentuk tim atau task force untuk memikirkan, mengidentifikasi, apa saja sih perkara yang sekarang dihadapi itu dan apa saja yang harus kita lakukan agar media ini bisa tetap sustainable," kata Nuh.

Menurutnya, jika hal itu tidak dilakukan, cepat atau lambat maka perusahaan akan diambil alih oleh sektor lain yang pertanggungjawabannya tidak bisa dipegang seperti media sosial dan lainnya.

Oleh sebab itu, media-media yang sudah terdaftar dan terverifikasi serta diakui, mulai dari etika, kode etik dan seterusnya, harus dapat bertahan serta tumbuh baik.

Sehingga, Nuh menegaskan, tim ini diperlukan untuk memikirkan itu semua.

"Apa kita rela media diambil oleh si aggregator plat from besar dan seterusnya sehingga akan terjadi era baru dalam penjajahan," ujar Nuh.

"Kalau dulu penjajahan itu masuk disini melalui fisik, sekarang penjajahan dari sisi media. Tentu kita tidak ingin itu. Dari situlah tugas untuk menyiapkan dokumen, nanti InsyaAllah tanggal 6,7 Februari kita masukan dalam rentetan Hari Pers nasional," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:06:00

Rezeki Banjir

Rezeki Banjir

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 18:37:00

Makan Bersama Pengungsi

Makan Bersama Pengungsi

JUM'AT, 03 JANUARI 2020 , 15:53:00