Kasus Ilham Bintang, Kominfo Ajak Operator Telepon Seluler Evaluasi SOP

Nasional  RABU, 22 JANUARI 2020 , 17:15:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Kasus Ilham Bintang, Kominfo Ajak Operator Telepon Seluler Evaluasi SOP

Jumpa pers Kementerian Kominfo/RMOL

Kasus pemalsuan data simcard hingga berujung pembobolan rekening Bank menimpa wartawan senior, Ilham Bintang.

Pembobolan rekening bank melalui pergantian SIM Card itu jelas menimbulkan kekhawatiran yang meluas di kalangan masyarakat.

Menanggapi kasus ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar konferensi pers di Ruang Serbaguna Lantai Dasar, Gedung Depan Kominfo, Jalan Medan Merdeka Barat No.9, Jakarta Pusat, Rabu (22/1).

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, era digital memang memudahkan setiap individu dan menimbulkan kenyamanan. Tetapi hal tersebut jangan sampai melalaikan yang berujung pada kerugian.

"Ini merupakan pembelajaran untuk provider, bank dan juga costumer," ujar Samuel.

Ia melanjutkan, sebenarnya kasus ini sudah lama terdengar dan dibicarakan. Tetapi yang melaporkan tidak banyak. Untuk itu, Kominfo tidak ingin lebih dalam menyinggung kasus ini karena telah ditangani oleh pihak berwajib.

Kendati demikian, dengan kejadian ini, Kominfo bersama operator telepon seluler berjanji akan segera melakukan evaluasi terkait pengamanan.

"Kita akan evaluasi bersama-sama. Mulai dari SOP (Standar Operasional Prosedur) tiap provider. Kalau SOP-nya sudah benar artinya implementasinya yang harus di tinggikan. Sehingga tidak lagi terjadi Kebocoran," kata Samuel.

Kedepannya, registrasi kartu tidak hanya dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Namun juga akan menggunakan teknologi geometrik seperti pengenalan wajah, sidik jari atau garis mata.

"Yang pasti, mengambil alih data orang lain itu perbuatan melawan hukum dan kena pasal. Hukumannya cukup berat dan salah satunya pidana dengan ancaman maksimal sepuluh tahun," tutupnya.[dod]

Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:06:00

Rezeki Banjir

Rezeki Banjir

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 18:37:00

Makan Bersama Pengungsi

Makan Bersama Pengungsi

JUM'AT, 03 JANUARI 2020 , 15:53:00