Dijanjikan Sejak Era Ahok, Tahun Ini SDA Bebaskan Lahan Untuk Normalisasi Kali Sunter

Jakarta  SABTU, 25 JANUARI 2020 , 13:43:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Dijanjikan Sejak Era Ahok, Tahun Ini SDA Bebaskan Lahan Untuk Normalisasi Kali Sunter

Juaini Yusuf meninjau Cipinang Melayu/RMOL

RMOLJakarta.Kerap kebanjiran dan penuh sampah di kala musim penghujan ataupun wabah demam berdarah dengue (DBD) ketika musim kemarau, permasalahan tersebut telah lama dirasakan warga yang bermukim di sepanjang aliran Kali Sunter, Kelurahan Cipinang Melayu, Makasar, Jakarta Timur.

Harapan palsu untuk menormalisasi Kali Sunter yang melintasi Kelurahan Cipinang Melayu disampaikan pemerintahan era Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sejak tahun 2015 silam.

Dan harapan warga wilayahnya tidak lagi terendam banjir, sepertinya sebentar lagi menjadi kenyataan.

Pasalnya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menargetkan pembebasan 18 bidang lahan terkait normalisasi Kali Sunter di RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu bisa direalisasikan tahun 2020.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juani Yusuf mengatakan, sebanyak 18 bidang lahan tersebut sudah masuk dalam penetapan lokasi.

"Segera kita bebaskan tahun ini, sekitar April-mei. Ini menjadi bagian untuk penanggulangan banjir yang harus dilakukan," kata Juaini, saat melakukan peninjauan ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Sunter di Kelurahan Cipinang Melayu, Sabtu (25/1).

Juani menjelaskan, pasca dilakukan pembebasan lahan, diharapkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI bisa langsung melakukan pekerjaan konstruksi.

"Kali Sunter ini termasuk dalam 13 sungai yang kewenangannya ada di Kemen PUPR," ujar Juaini.

Menurutnya, pembebasan lahan di aliran Kali Sunter juga akan dilakukan di wilayah RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu. Saat ini masih dalam tahap inventarisir dan validasi peta bidang.

"Secepatnya juga akan kita bebaskan. Kami ingin upaya mengatasi banjir bisa segera dioptimalkan dan dilakukan secara komprehensif," ungkap Juaini.

Ia menambahkan, untuk mengatasi banjir di kawasan Cipinang Melayu juga perlu dilakukan dengan menormalisasi Saluran Penghubung (Phb) Sulaiman.

"Normalisasi Saluran Phb Sulaiman juga akan dilakukan tahun ini oleh Suku Dinas SDA Jakarta Timur," pungkas Juaini.[dod]

Komentar Pembaca
Anies Keliling Pantau Misa Natal

Anies Keliling Pantau Misa Natal

SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 19:24:00

Bersatu Dalam Keberagaman

Bersatu Dalam Keberagaman

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 09:08:00

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 21:10:00