Satu Menteri Lagi Kacau

Suara Rakyat  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 14:43:00 WIB

Satu Menteri Lagi Kacau

Terawan Agus Putranto/Net

WADUH ini menteri gimana ya. Menkes Terawan di Menado menyatakan turis China dipastikan sehat. Padahal banyak negara menolak kedatangan wisatawan dari China karena khawatir turut menyebarkan virus corona yang sedang mewabah.

Bagaimana seorang Menteri Kesehatan berbicara sembrono soal menjaga kesehatan warga bangsanya. Malah membudak pada negara China dan khawatir pada hubungan tidak bagus kedua negara.

Semestinya Menkes bertanggungjawab pada keselamatan dan kesehatan rakyat Indonesia bukan menjaga Pemerintah atau rakyat China. Menteri yang tidak berperasaan. Perasaan rakyat yang khawatir pada virus mematikan.

Apakah tidak memperhatikan keadaan warga kota Wuhan sekarang yang telah menjadi "zombieland" mencekam dan menakutkan. Virus corona bukan kelas lokal tetapi berkualitas internasional. 13 Negara sudah terjangkit. WHO mengingatkan perlunya kewaspadaan.

Setelah sorotan pada Menteri Nadiem, Fachru Rozie, Mahfud, Yasonna, Luhut, Edi Prabowo, dan Erick, kini satu lagi datang Terawan Agus Putranto. Ini bagaimana nampaknya jajaran Menteri Presiden Jokowi payah payah. Apa Pak Presiden tidak membina dan mengarahkan? Atau sedang asyik dengan mainannya sendiri? Kemana bapak ketika wabah virus corona sedang bergerak mendunia? Jangan sampai rakyat Indonesia kini merasa tidak punya Presiden. Bagitu ketakutannya kah kita pada rezim komunis China?

Dokter, turis China yang datang ke Sulut jangan lupa dibawa ke Tomohon untuk menikmati khewan ekstrim seperti di Wuhan. Ada ular besar, anjing bakar, kucing, hingga tikus tikus. Sekalian agar virus nCoV berkembang biak. Pasar Segar Beriman Tomohon dekat Manado, lho dok.

Sebenarnya Kemenkes dengan epidemi virus corona seharusnya menjadikan momen ini untuk melakukan sosialisasi atau penyuluhan intensif pada masyarakat. Peduli kesehatan. Mulai berolah raga, vitamin, vaksin, masker atau lainnya.

Bukan sebaliknya mempersilakan turis turis dari daerah wabah datang ke Indonesia. Ini bukan peduli kesehatan tapi sebaliknya. Menkes tidak memberi contoh bagus. Sejak awal Pak Terawan sudah juga kontroversial atas pengangkatannya. BPJS kesehatan belepotan. Nah kini jangan lagi buat masalah.

China bukan negara sahabat yang baik. Sekarang buat masalah sengaja atau tidak dan kita tetap harus waspada. Turis itu penting akan tetapi kesehatan masyarakat jauh lebih penting. Bukan begitu, dok. Kita sudah terlalu banyak dipusingkan oleh China.[dod]

M Rizal Fadillah Pemerhati politik

Komentar Pembaca
Masyarakat Tak Butuh Salam Pancasila

Masyarakat Tak Butuh Salam Pancasila

MINGGU, 23 FEBRUARI 2020

Sri Mulyani Tambah Sakit Perut

Sri Mulyani Tambah Sakit Perut

SABTU, 22 FEBRUARI 2020

UU Pers Tidak Perlu Masuk Omnibus Law

UU Pers Tidak Perlu Masuk Omnibus Law

SABTU, 22 FEBRUARI 2020

Kesaksian Tentang Proses Megawati Menggembleng Puan Di Pentas Politik
Banjir DKI Kok Surveinya Di 34 Provinsi, Pasti Ngawur!
Pesan Kepada Kawan

Pesan Kepada Kawan

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020

Bersatu Dalam Keberagaman

Bersatu Dalam Keberagaman

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 09:08:00

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

Genangan Di Kamal Muara Rampung Disedot

RABU, 25 DESEMBER 2019 , 21:10:00

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:06:00