Anies Pindahkan Lokasi Balapan Formula E

Olahraga  KAMIS, 06 FEBRUARI 2020 , 17:19:00 WIB

Anies Pindahkan Lokasi Balapan Formula E

Anies Baswedan/RMOL

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Setya Utama mengatakan, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka melarang penggunaan Monas untuk pergelaran Formula E.

Hal itu disampaikan Setya mewakili Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Ketua Komisi Pengarah.

"Formula E nanti saya sampaikan rapat Komrah (Komisi Pengarah), bahwa Komrah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas dengan banyak pertimbangan. Di sana ada cagar budaya, ada pengaspalan dan lain-lain," ujar Setya di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Rabu (5/2).

Ia mengatakan, pergelaran Formula E yang akan berlangsung pada 6 Juni 2020 itu diizinkan jika berlangsung di kawasan di luar Monas sehingga tak mengganggu cagar budaya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, beberapa anggota Komisi Pengarah tidak setuju ajang Formula E dilakukan di titik nol Jakarta tersebut karena beberapa pertimbangan.

"Para anggota KomisiPengarah beberapa berpandangan bahwa sebaiknya jangan menggunakan kawasan Monas dan kemudian disampaikan, baik kalau begitu. Jadi tidak diskusi panjang selesai," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (6/2).

Terkait alternatif lokasi pemindahan sirkuit Formula E, Pemprov DKI telah menjalin komunikasi dengan pengelola balapan serta organisasi pembalap internasional.

"Tadi malam kita sudah langsung komunikasi dengan pengelola Formula E dan organisasi pembalap motor internasional," ujar Anies.

"Yang kemudian sore ini tim mereka sudah dalam perjalanan ke Jakarta untuk menentukan lokasi baru," pungkas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Untuk diketahui, Jakarta dipilih menjadi tuan rumah ajang balap Formula E yang digelar di empat benua.

Dengan terpilihnya Jakarta maka ibukota Indonesia ini sejajar dengan kota besar lainnya sekelas Roma dan Berlin.[dod]

Laporan: Muniha Addin Munawwaroh

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00