Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya Di Garut Diluncurkan

Ekonomi  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:35:00 WIB | LAPORAN: WIDODO BOGIARTO

Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya Di Garut  Diluncurkan

Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya diresmikan/Ist

Baznas meresmikan pembentukan Koperasi Konsumen Peternak di Kampung Cimayid, Desa Kramatwangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (13/2).

Diberi nama Mekar Jaya”, Koperasi Konsumen Peternak ini diresmikan langsung oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Irfan Syauqi Beik, Kepala Lembaga Pemberdayaan Peternak Mustahik (LPPM) Ajat Sudarjat dan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Pendirian Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya” ini merupakan pengembangan dari program Balai Ternak di Kabupaten Garut yang telah membantu modal kerja dan pendampingan teknis kepada para peternak.

Bambang mengatakan, Baznas mengelola dana zakat, infak dan sedekah dari para muzaki untuk meningkatkan kesejahteraan para mustahik, salah satunya melalui program ekonomi seperti Program Balai Ternak.

"Bantuan ekonomi yang dikembangkan Baznas untuk membantu mustahik bukan hanya mewujudkan modal untuk berusaha, namun juga pembelajaran dan pendampingan produksi berbagai sektor ekonomi mustahik serta menguatkan pemasaran berbagai produk mustahik secara berkelanjutan," kata Bambang. Ketiganya tidak diberikan dengan paradigma santunan tetapi melalui mekanisme yang lebih mendidik dan memberdayakan. Untuk itu Baznas mengembangkan sejumlah lembaga program karena luasnya bidang usaha dan lebarnya matra ekonomi ini.

Koperasi Mekar Jaya ini akan dijadikan sebagai wadah dari kelompok peternak dalam mewujudkan kemandirian kelembagaan. Untuk meraih hal tersebut, Baznas melakukan pendampingan dengan membentuk kelompok, lembaga lokal, dan mempersiapkan kader lokal. Koperasi Mekar Jaya ini akan menjadi pionir koperasi peternak selanjutnya yang mandiri dan profesional,” ujar Bambang.

Bambang menambahkan koperasi ini nantinya akan dikelola secara bertahap oleh para kader lokal yang telah dibentuk dan segera melakukan berbagai pengembangan usaha.

Setelah terbentuknya koperasi ini diharapkan, target kemandirian secara kelembagaan segera terwujud. Dalam waktu dekat, pengembangan usaha yang akan dijalankan adalah pengembangan rumah kompos, pembangunan pabrik dan penjualan pakan konsentrat, pengolahan produk kulit domba, warung sate, layanan jasa aqiqah dan kurban, serta pengolahan produk ternak. [dod]

Komentar Pembaca
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Kementerian Kominfo: Deklarasi JMSI Penting Dan Perlu Diapresiasi
Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

Anies Datangi Korban Banjir Di Kalideres

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 13:06:00

Rezeki Banjir

Rezeki Banjir

KAMIS, 02 JANUARI 2020 , 18:37:00

Makan Bersama Pengungsi

Makan Bersama Pengungsi

JUM'AT, 03 JANUARI 2020 , 15:53:00