Penyelenggaraan Pas Hari Lahir Bung Karno Jadi Alasan Formula E Digelar Di Monas

Jakarta  SABTU, 15 FEBRUARI 2020 , 04:49:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Penyelenggaraan Pas Hari Lahir Bung Karno Jadi Alasan Formula E Digelar Di Monas

Jumpa pers PT Jakarta Propertindo/RMOL

Ternyata ada alasan lain yang membuat balap mobil Formula E yang akan berlangsung pada 6 Juni 2020 digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, dengan ditetapkannya 6 Juni sebagai tanggal perhelatan, merupakan sebuah keberuntungan.

Pasalnya 6 Juni bertepatan dengan hari lahirnya Bung Karno yang juga penggagas pembangunan Monas itu sendiri.

"Formula E selain membawa pesan  teknologi masa depan, kita juga bisa learning tentang histori Monas," kata Dwi saat konferensi pers di Hotel Novotel, Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, pihak Jakpro dan Formula E memahami bahwa Monas bagian dari cagar budaya yang perlu dilindungi.

Untuk itu sudah menjadi komitmen dari Pemprov DKI dan Formula E untuk menaati UU 11/2010 tentang Cagar Budaya yang turut direkomendasikan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) selaku Komisi Pengarah. "Kalau di UU no 11/2010 disebutkan bahwa ada tiga hal, pertama gimana kita melakukan perlindungan terhadap cagar budaya, kedua melakukan pelestarian, dan terakhir pemanfaatan cagar budaya. Nah kita masuk di area pemanfaatan," jelas Dwi.

"Karena kalau tidak dimanfaatkan mungkin generasi mendatang itu nggak tau. Jadi ini suatu harmoni antara tradisi dan teknologi. Ini yang perlu ditekankan, itu alasan kenapa di area Monas, tandasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00