Ini 9 Alasan Buruh Tolak RUU Cilaka

Polhukam  MINGGU, 16 FEBRUARI 2020 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ini 9 Alasan Buruh Tolak RUU Cilaka

Said Iqbal/RMOL

Ini 9 Alasan Buruh Tolak RUU Cilaka Kaum buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) tegas menolak daf Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja alias Cilaka.

RUU Cilaka tersebut telah diserahkan Menteri Ketenagakerjaan kepada pimpinan DPR RI. 

Presiden KSPI, Said Iqbal, mengatakan setidaknya ada sembilan alasan yang melatarbelakangi buruh menolak Omnibus Law tersebut. 

"Kenapa kami menolak karena ketika RUU Cilaka disahkan maka upah minimum akan dihilangkan," kata Said di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta Pusat, Minggu (16/2).  

Menurut Said, apabila upah minimum dihilangkan, maka nasib buruh akan jauh dari kata kesejahteraan. 

Selanjutnya RUU Cilaka otomatis akan menghilangkan pula pesangon, outsourcing yang bebaskan untuk semua jenis pekerjaan dan juga jam  kerja yang eksploitatif Bukan hanya itu, dengan disahkannya RUU Cilaka maka akan diterapkan pula penggunaan karyawan kontrak. Yang artinya itu akan mengancam nasib, bukan hanya kaum buruh namun juga anak muda yang akan turun bekerja. 

"Lalu penggunaan tenaga kerja asing pun semakin bebas. Bukan hanya untuk pada pekerja yang membutuhkan keahlian tapi juga untuk buruh kasar," jelas Said. 

"Selanjutnya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan semakin dipermudah, hilangnya jaminan sosial khususnya kesehatan dan pensiun, dan yang paling parah sanksi pidana untuk perusahaan akan dihilangkan," sambungnya. 

Untuk itu, jika pemerintah tetap mensahkan, buruh mengancam akan menggelar gelombang aksi yang besar. Bukan hanya di daerah-daerah namun juga nasional. 

"Kami pun yakin mahasiswa akan ikut turun. Karena RUU ini sangat merugikan termasuk kaum mahasiswa yang pastinya juga akan memasuki dunia pekerjaan," pungkasnya.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00