Sukseskan Jalankan Misi, UEA Rayakan Kembalinya Pasukan Bersenjatanya dari Yaman

Ragam  SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 22:36:00 WIB | LAPORAN: ARI RAHMAN

Sukseskan Jalankan Misi, UEA Rayakan Kembalinya Pasukan Bersenjatanya dari Yaman

Upacara penyambutan tentara UEA usai bertugas di Yaman/ist

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) menyambut dengan bangga dan penuh sukacita kedatangan pasukan bersenjatanya yang telah bertahun-tahun bertugas dalam pertempuran sengit melawan kelompok teroris di Yaman. Penyambutan tersebut dilakukan secara meriah di Kota Militer Zayed, Abu Dhabi.

Kementerian Luar Negeri UEA mengungkapkan bahwa keputusan memulangkan pasukannya diambil setelah banyaknya kota-kota di Yaman yang telah dibebaskan dari penguasaan teroris. Tentara UEA juga telah melakukan banyak peranan penting dalam menyelamatkan kehidupan masyarakat dan membantu rekonstruksi berbagai institusi di Yaman.

"Para tentara pemberani kami telah berpartisipasi dalam Operasi Pemulihan Harapan di Yaman. Merek telah memberikan pengorbanan tertinggi di samping saudara-saudaranya di Pasukan Koalisi Arab, dan meyakinkan dunia bahwa kontribusi UEA akan selalu menjaga keamanan dan stabilitas kawasan ini," kata  Yang Mulia Sheikh Mohammed dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (17/2).

Pemerintah Emirati, lanjutnya, menyambut bangga para pahlawannya yang telah sukses dalam melindungi pembebasan berbagai kota di Yaman oleh terorisme, contohnya seperti kota Mukallah, yang merupakan bekas markas kelompok teroris ISIS dan Al-Qaeda.

"Kota Mukallah telah kembali hidup setelah pertempuran panjang yang dilancarkan oleh Yamani dan Emirati terhadap para pemberontak dan teroris," ungkap Sheikh Mohammed.

Operasi Militer UEA di Yaman, papar dia,  berhasil membawa peran besar untuk stabilitas dan perdamaian, serta memulihkan keamanan setelah ditarget oleh para jihadis diarea-area pegunungan.
 
"UEA telah berpartisipasi tanpa penundaan dengan berbagai pasukan dari koalisi Arab dalam mempertahankan legitimasi Pemerintahan Yaman dan mengembalikan perdamaian dan stabilitas negara dan di seantero wilayahnya," terang Sheikh Mohammed.
 
Menurut catatan Pemerintahan Abu Dhabi, ada sekitar 11,000 tentara Yamani yang telah dilatih untuk membebaskan dan mempertahankan negaranya dari serangan terorisme.
 
Untuk menyediakan bantuan kepada masyarakat, para Emirati juga berkontribusi dalam Pembentukan infrastruktur baru di kota tersebut, dan berhasil memberikan bantuan dan pertolongan medis terhadap populasi yang paling rentan sekalipun.
 
"Dengan takluknya Terorisme di Yaman, pasukan UEA telah membawa perdamaian dan keamanan kepada wilayah-wilayah yang terbebaskan, termasuk juga bagi jalur pelayaran internasional," terang Sheikh Mohammed.

Dalam kesempatan tersebut, Sheikh Mohammed juga menegaskan bahwa pasukan militer UEA juga akan terus memberikan bantuan dan tindaklanjut untuk proyek-proyek pengembangan di Yaman.
 
Sheikh Mohammed juga mengungkapkan bahwa masyarakat Yamani telah menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintahan Abu Dhabi dan pasukan militernya dalam mempertahankan hak asasi manusia, segala bentuk bantuan, dan terhadap kontribusi fundamentalnya dalam peperangan dengan kelompok ekstremis di Yaman.

"Hal ini merupakan sebuah kesuksesan yang akan selalu dikenang baik di dalam sejarah, masa sekarang maupun masa depan Yaman," tandasnya. [rah] 


Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00