Anak Din Syamsuddin Dipercaya Pimpin Panitia Pemilihan Wagub DKI

Politik  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 14:07:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Anak Din Syamsuddin Dipercaya Pimpin Panitia Pemilihan Wagub DKI

Farazandi Fidiansyah/Net

Dari hasil kesepakatan Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta pada 18 Februari 2020, dalam rangka mengisi kekosongan Wakil Gubernur DKI Jakarta Pergantian Antar Waktu (PAW) sisa masa jabatan 2017-2022, maka perlu dibentuk Pantai Pemilihan (Panlih).

"InsyaAllah minggu ini sudah selesai Panlih, dan setelah itu kita akan lakukan pemilihan Wagub DKI," ungkap Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani kepada wartawan, Jumat (28/2).

Susunan Panlih Wagub DKI telah disetujui dan ditandatangani oleh Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi.

Setelah terbentuk, Panlih bertugas menjalankan mekanisme pemilihan Wagub DKI sesuai dengan Tatib yang telah disahkan dalam rapat paripurna DPRD DKI. Termasuk menyeleksi kelengkapan dokumen persyaratan administrasi yang mesti dilengkapi oleh Cawagub DKI.

Berdasarkan surat edaran tersebut, DPRD DKI menetapkan Farazandi Fidiansyah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai Ketua Panlih.

Pria berumur 30 tahun itu merupakan putra dari Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin.

Sementara, untuk Wakil Ketua Panlih diisi oleh Ketua Fraksi Golkar Basri Baco. Selain itu, terdapat delapan anggota lainnya yang juga ditunjuk oleh masing-masing fraksi untuk menjadi anggota Panlih yaitu Ketua Fraksi Partai Demokrat, Desie Christhyana Sari; Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan, Dwi Rio Sambodo; Wakil ketua I Fraksi Gerindra, S Andyka.

Selanjutnya ada Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Achmad Yani;Anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI); Eneng Malianasari dan Anggota Fraksi Partai NasDem, Muhammad idris dan Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB);l, Yusuf.

Diketahui, Pemilihan Cawagub DKI akan digelar secara tertutup. Nantinya suara terbanyak adalah yang akan memenangkan sebagai Wagub DKI.

Adapun Cawagub DKI berasal dari PKS yakni Nurmansjah Lubis dan Partai Gerindra yaitu Ahmad Riza Patria.

Riza yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI pun mengaku telah membuat surat pengunduran diri sebagai anggota dewan. Nantinya, surat tersebut akan dikirimkan kepada Panlih di DPRD sebagai salah satu bagian dari persyaratan dan administrasi.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00