HIPPI: Kerugian Ekonomi DKI Akibat Corona Lebih Besar Dari Banjir

Ekonomi  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 20:23:00 WIB

HIPPI: Kerugian Ekonomi DKI Akibat Corona Lebih Besar Dari Banjir

Sarman Simanjorang/RMOL

Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, dampak ekonomi dari musibah banjir yang beberapa kali menerjang sebagian wilayah ibukota, tidak terlalu besar apabila dibandingkan dengan kerugian yang disebabkan virus corona.

Menurut Sarman, virus corona membawa pengaruh besar terhadap siklus perdagangan dan pariwisata. Termasuk juga jasa travel umrah yang mengalami kemandekan sejak Kamis kemarin (27/2). "Dampak corona dikatakan lebih dahsyat, ya jelas lebih dahsyat daripada banjir. Corona mengobrak-abrik perekonomian. Mana ada umrah sampai diberhentikan," kata Sarman usai menghadiri diskusi publik bertajuk "Kerugian Jakarta Akibat Banjir" di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

Sektor pariwisata diakui Sarman, mengalami kerugian yang cukup besar. Hal ini bisa dilihat dari penurunan drastis jumlah wisatawan China ke Indonesia yang merembet ke sektor lainnya.

"Biasanya per bulan itu dari kita (Indonesia) bisa sampai 180 ribuan (wisatawan) ya, turis dari China ke Indonesia itu. Nah coba dibayangkan kerugian kita itu dari sisi transportasi penerbangannya, travelnya, kemudian juga dari sisi hotel dan restorannya, hiburan malamnya, souvenir-souvenirnya, itu kan sangat merugikan kita semua," pungkas Sarman.[dod]

Laporan: Muniha Addin Munawwaroh

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00