Cukai Kantong Plastik Bikin Ekonomi Tertekan

Ekonomi  JUM'AT, 28 FEBRUARI 2020 , 21:38:00 WIB

Cukai Kantong Plastik Bikin Ekonomi Tertekan

Ilustrasi/Net

Wacana penerapan cukai kantong plastik yang telah disetujui Komisi XI DPR dinilai tidak tepat, karena bisa menekan kondisi perekonomian.

Demikian disampaikan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta Sarman Simanjorang usai menghadiri diskusi publik bertajuk "Kerugian Jakarta Akibat Banjir" di Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

"Kita dari pengusaha agak keberatan diberlakukan di saat ini. Karena apa, kondisi kita ini kan kondisi ekonominya jadinya tertekan," ujar Sarman.

Sarman berpendapat, efek cukai kantong plastik berimbas terhadap daya beli masyarakat yang menurun. Karena biaya cukai kemasan produk yang dibebankan kepada konsumen.

"Nantinya, dengan adanya cukai plastik ini yang terbebani masyarakat. Karena plastik akan dibebankan kepada konsumen itu harganya," ujar Sarman.

"Berarti kan nanti barang-barang yang pakai kemasan plastik mau tidak mau naik, kalau itu naik nanti daya beli masyarakatnya bisa menurun," sambungnya. Sarman menganggap keputusan terkait pengenaan cukai untuk kantong plastik ini tidak tepat jika dilaksanakan pada saat perekonomiaan negara belum stabil.

Meskipun demikian, Sarman mendukung adanya larangan penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan domestik.

Sarman menegaskan hal tersebut dikarenakan masyarakat dinilai belum bijak dalam konteks perilaku penggunaan plastik.

"Kita juga setuju untuk dibatasi. Karena pertama perilaku masyarakat kita masih belum sesuai harapan. Membuang sampah masih sembarangan. Banjir kemarin kita lihat, viral itu videonya, yang mengambang itu apa semuanya, sampah plastik semua," pungkas Sarman.[dod]

Laporan: Muniha Addin Munawwaroh

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

Jenazah Gus Sholah Menuju Ponpes Tebuireng

SENIN, 03 FEBRUARI 2020 , 09:21:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00