Ridwan Kamil Nekat Gelar Tes Corona Di Stadion

Nusantara  SELASA, 24 MARET 2020 , 13:39:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Ridwan Kamil Nekat Gelar Tes Corona Di Stadion

Ridwan Kamil/Ist

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Kang Emil) menegaskan, tes cepat virus Corona yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat tidak ditujukan untuk semua orang.

Tes masif ini bukan untuk semua orang. Ini adalah uji petik untuk mencari peta persebaran,” kata Kang Emil mengutip keterangan resminya, Selasa (23/3).

Pertama, Kategori A, yakni masyarakat dengan resiko tertular paling tinggi, yakni Orang Dalam Pemantauan atau ODP yang baru tiba dari luar negeri; lalu Pasien Dalam Pengawasan atau PDP serta keluarga, tetangga, serta temannya; dan petugas kesehatan di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

Kategori B, untuk masyarakat yang rawan tertular karena profesi dan interaksi sosialnya.

Kategori C, masyarakat yang saat ini tengah mengalami gejala sakit yang mengarah pada gejala klinis terjangkit Covid-19. Khusus Kategori C, warga harus berbekal surat rujukan dari fasilitas kesehatan.

Jika Anda sehat tidak perlu tes, kecuali Anda sehat tapi masuk dalam kategori yang berinteraksi sosial-massa. Kalau tidak masuk dalam ketiga kategori tadi, maka tidak usah panik tinggal di rumah saja, social distancing. Tidak perlu khawatir harus di tes ini dan itu kecuali tiga kategori tadi,” jelas Kang Emil.

Ia menjelaskan tes masif akan dilakukan dengan drive-thru hanya pada yang masuk Kategori B dan C. Tes yang dilakukan juga hanya berupa Rapid Diagnose Test (RDT). Hasilnya bisa keluar dalam 15 menit.

Sementara untuk Kategori A, tes akan dilakukan dengan door to door di rumah sakit rujukan Covid-19. Tes yang ditujukan pada ODP dan PDP tersebut akan dilakukan dengan kombinasi tes Polymerase Chain Reaction (PCR).

Khusus tes masif dengan cara drive-thru akan dilaksanakan paling cepat Rabu, 25 Maret 2020. Sementara tes yang ditujukan untuk warga yang masuk Kategori A, sudah bisa dimulai berbarengan.

"Sehingga sambil menunggu drive-thru, para kepala daerah bisa melakukan tes masif ini kepada kategori A di wilayahnya masing-masing.”

Untuk warga Kota Bekasi lokasi sementara adalah Lapangan Stadion Patriot, dan untuk warga Bandung di Stadion Jalak Harupat. Akan menyusul informasi lanjutannya.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00