Pemberlakuan WFH Bikin Kualitas Udara Jakarta Membaik

Jakarta  RABU, 25 MARET 2020 , 14:33:00 WIB | LAPORAN: AHMAD ALFIAN

Pemberlakuan WFH Bikin Kualitas Udara Jakarta Membaik

Andono Warih/Net

Kualitas udara Jakarta cenderung membaik beberapa hari terakhir.

Hal ini tidak lepas dari pemberlakuan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, serta belajar dari rumah dengan metode jarak jauh dan kebijakan social distancing dalam usaha mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

Tren perbaikan kualitas udara juga sangat dipengaruhi oleh curah hujan dan arah angin yang cenderung sering beberapa waktu terakhir ini.

Hujan yang turun di Jabodetabek juga turut membantu tercucinya atmosfer dari polusi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih melalui keterangan tertulisnya, Rabu (25/3).

Andono memaparkan, berdasarkan pemantauan di lima Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, selama penerapan WFH menunjukan perbaikan kualitas udara di Ibukota. Penurunan polusi juga terjadi karena konsisten dengan tingkat curah hujan.

"Ketika curah hujan tinggi, konsentrasi parameter PM 2.5 menunjukan penurunan dan ketika hari-hari tidak hujan, konsentrasi parameter PM 2.5 sedikit meningkat,” ujar Andono.

Partikel PM 2,5 memiliki ukuran yang sedemikian kecil yakni partikel debu halus berukuran 25 mikrogram/m³ yang mampu menembus masker yang biasa digunakan.

Arah angin yang mengarah ke Ibukota juga mempengaruhi konsentrasi parameter PM 2.5,” pungkas Andono.[dod]

Komentar Pembaca
Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

Dipo Moa Pejagalan Dibangun Taman

JUM'AT, 07 FEBRUARI 2020 , 14:33:00

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

Edhy Prabowo Kunjungi Rachmawati Soekarnoputri

JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 10:50:00

Penyuluhan Corona Di CFD

Penyuluhan Corona Di CFD

MINGGU, 08 MARET 2020 , 08:59:00